THE EFFECTIVENESS OF THE APPLICATION OF THE TPS COOPERATIVE LEARNING METHOD ON INDONESIAN SPEAKING ABILITY IN TAMAN SISWA JUNIOR HIGH SCHOOL PADANG

Lira Hayu Afdetis Mana, Sri Mulyani Rusli

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kemampuan  berbicara  siswa  kelas  VIII  SMP  Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang. Sampel penelitian   ini  berjumlah  40  orang  dengan  menggunakan  teknik  purposive sampling.   Data   yang   diperlukan   dalam   penelitian   ini   adalah   skor   hasil kemampuan berdiskusi siswa VIII SMP Tamansiswa Padang dengan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan tes. Instrumen pendukungnya adalah camera untuk merekam kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk indikator 1 ketepatan ucapan  tergolong  cukup  (C)  dengan rata-rata  penguasaan  siswa  65,82%  dan berada pada rentang 56-65% menurut persentase skala 10. Kedua, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk indikator 2 ketepatan sasaran pembicaraan tergolong cukup (C) dengan rata-rata penguasaan siswa 64,99% dan berada pada rentang 66-75% menurut persentase skala 10. Ketiga, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran  kooperatif  tipe  think pair  share  untuk  indikator  3 pilihan  kata (diksi) tergolong lebih dari cukup (LDC) rata-rata penguasaan siswa 68,32% dan berada pada rentang 66-75% menurut persentase skala 10. Keempat, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk ketiga indikator tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata tingkat penguasaan  siswa 66,65 dan berada pada rentang 66-75% menurut persentase skala 10.

Keywords

kemampuan berbicara; think pair share

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. "Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia" (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Arief, Ermawati dan Yami Munaf. 2003. "Pengajaran Keterampilan Berbicara" (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSS UNP.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asma, Nur. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.

Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Rusman. 2011. Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2009. Mendesain metode Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widiyarto, Sigit.2017. Pengaruh Metode Think, Pair, And Sharedan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Universitas Indraprasta PGRI: jurnal DEIKSIS file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/784-3211-1-PB.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.