THE EFFECTIVENESS OF THE APPLICATION OF THE TPS COOPERATIVE LEARNING METHOD ON INDONESIAN SPEAKING ABILITY IN TAMAN SISWA JUNIOR HIGH SCHOOL PADANG
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan berdiskusi siswa VIII SMP Tamansiswa Padang dengan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan tes. Instrumen pendukungnya adalah camera untuk merekam kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk indikator 1 ketepatan ucapan tergolong cukup (C) dengan rata-rata penguasaan siswa 65,82% dan berada pada rentang 56-65% menurut persentase skala 10. Kedua, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk indikator 2 ketepatan sasaran pembicaraan tergolong cukup (C) dengan rata-rata penguasaan siswa 64,99% dan berada pada rentang 66-75% menurut persentase skala 10. Ketiga, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk indikator 3 pilihan kata (diksi) tergolong lebih dari cukup (LDC) rata-rata penguasaan siswa 68,32% dan berada pada rentang 66-75% menurut persentase skala 10. Keempat, kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk ketiga indikator tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata tingkat penguasaan siswa 66,65 dan berada pada rentang 66-75% menurut persentase skala 10.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. "Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia" (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Arief, Ermawati dan Yami Munaf. 2003. "Pengajaran Keterampilan Berbicara" (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSS UNP.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asma, Nur. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.
Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Rusman. 2011. Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain metode Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widiyarto, Sigit.2017. Pengaruh Metode Think, Pair, And Sharedan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Universitas Indraprasta PGRI: jurnal DEIKSIS file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/784-3211-1-PB.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.