Efektivitas dan Problem Penulisan Kutipan dan Daftar Pustaka Melalui Program Word
Abstract
Abstract: This paper will present the teaching experience on how to write citations and bibliography from experiences in teaching Indonesian language, guiding thesis and papers, and community service to Indonesian language teachers at SMK Surakarta. Most of the authors of scientific papers (students) do not use the programs provided in Word, and choose to use manual writing. Although, the program in Word is practical and effective, when the program was introduced it turned out that it was not much in demand and was utilized. The following article reveals the problems faced by users in using the program.
Abstrak: Paper ini akan menyajikan pengalaman mengajarkan cara penulisan kutipan dan daftar pustaka dari pengalaman mengajarkan bahasa Indonesia, membimbing skripsi dan tesis, dan pengabdian masyarakat kepada guru-guru bahasa Indonesia SMK Surakarta. Kebanyakan para penulis karya ilmiah (mahasiswa) itu tidak menggunakan program yang disediakan di word, dan memilih menggunakan penulisan secara manual. Walaupun program di word itu praktis dan efektif, ketika program tersebut dikenalkan ternyata tidak banyak diminati dan dimanfaatkan. Artikel berikut mengungkapkan persoalan yang dihadapi oleh pengguna dalam menggunakan program tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai.1989. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi . Jakarta: PT Mediatama Sarana Perkasa.
Danawati M., Ismi. (2017). “Problematika Guru Dalam Menulis Karya Ilmiah Sebagaipengembangan Kompetensi Profesionaldi Sd Muhammadiyah 5 Surakarta”. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhamadiyah.
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis: Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: Andi.
Depdikbud. 1991. Surat-menyurat dalam Bahasa Indonesia, seri penyuluhan 2. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Hanafiah, A. Hadi. 1981. Anda Ingin Jadi Pengarang? Surabaya: Usaha Nasional.
Keraf, Gorys. 1980. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.
Moeliono, Anton M (penyunting penyelia). 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.
Noorjannah, Lilies. 2014. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung” dalam Humanity Vol. X, No. 1. Malang: Universitas Muhamadiyah. Hal. 97-114 (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2459/2667)
Razak, Abdul. 1990. Kalimat Efektif, Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.
Setyarsih, Woro & Kusumawati Dwiningsih, Tukiran. (2017). “PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SMANDI KABUPATEN/ KOTA GRESIK” Surabaya: Universitas Negeri Surabaya ( https://www.researchgate.net/publication/320917585)
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sumardi, HB. 2011. “Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru” Makalah Pengabdian Masyarkat Seminar Meningkatkan Profesionalime Guru Melalui Penulisan Karya Tulis llmiah”. Bantul: SDN Manunggal.
Suryawinata, Zuchrudin, dan Imam Suyitno. 1991. Bahasa Indonesia untuk Ilmu Pengetahuan & Teknologi. Malang: YA3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.