KIDS LEARN MANDARIN: Media Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin pada SDK Santa Theresia 1 Surabaya
Abstract
Abstract: This study discusses the Kids Learn Mandarin application as an Interactive medium for learning Mandarin in the SDK Santa Theresia 1 Surabaya school. The purpose of this study is to invite students to more easily learn Mandarin using alternative media in the learning process to make learning easier. The data sources in this study were students in grades 1,2, and 3 SDK Santa Theresia 1 Surabaya. Data collection in this study uses observation and interview methods. The data is processed through several stages, namely data reduction, data classification and description, data interpretation, and data conclusion. The results of this study indicate SDK Santa Theresia 1 Surabaya get class 1.2 and 3 enthusiastic about this type of learning media: 87% of 30 respondents stated that this application can be used as a learning medium and 84% of 30 respondents agreed and strongly agreed that learning media like this could help students to learn Mandarin.
Abstrak: Peneltian ini membahas aplikasi Kids Learn Mandarin sebagai media Interaktif untuk pembelajaran bahasa mandarin pada sekolah SDK Santa Theresia 1 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah mengajak siswa untuk lebih mudah belajar bahasa mandarin menggunakan media alternative dalam proses pembelajaran agar lebih mudah dalam pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa kelas 1,2, dan 3 SDK Santa Theresia 1 Surabaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Data diolah melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, klasifikasi dan deskripsi data, interpretasi data, serta penyimpulan data.Hasil penelitian ini menunjukkan SDK Santa Theresia 1 Surabaya mendapatkan kelas 1,2 dan 3 antusias dengan tipe media pembelajaran seperti ini: 87% dari 30 responden menyatakan bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan 84% dari 30 responden menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa media pembelajaran seperti ini dapat membantu peserta didik untuk mempelajari bahasa Mandarin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hanny. (2007). Sejarah Pendidikan Bahasa Mandari di Indonesia dan Perkembangannya Sejak Era Reformasi di Sekolah-sekolah Daerah Jelambar: Sejarah Cina:Universitas Bina Nusantara.
The Importance of Learning Mandarin. (2012)
(http://bridgelanguagecenter. com/importance_mandarin.html). Diakses 12Desember 2018.
Bahasa Tersulit di Dunia. (2014).
(http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20141106141651-241-10057/5-bahasatersulitdidunia/ ) . Diakses 12 Desember2018.
Ali, H., Muhamad. (1992). Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Suda, I Ketut. Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia.
Rodiman, Raffaelia Sanzio. (2008). Rancangan Website Pengajaran Bahasa Cina Berbasis Kompetensi Komunikatif. Bahasa Cina: Universitas Indonesia
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif.Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Refbacks
- There are currently no refbacks.