Multimodal Literasi: Media Piktogram dalam Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Asing tingkat A1

Yoan Yulitasari

Abstract

Abstract: Along with the progress of thinking and the increasingly digital era also requires the ability to adapt to new learning systems. Multimodal Literacy is learning that is not only fixed with reading texts but can be combined with visuals, sounds, symbols and movements. The unit contains information that is useful to support learning materials, especially language. Multimodal Literacy in education, especially language is needed to improve the ability to reading, writing, speaking and listening so it does not only function as reading alone which causes students to find unpleasant. Specifically reading comprehension requires more effort for students to be able to answer several questions correctly based on reading or text. To be able to accelerate students' understanding needed supporting reading comprehension media. The supporting media that has recently drawn attention is pictograms. Pictograms are diagrams whose data are represented in the form of images. Pictures represent the contents of sentences, text or readings that are being learned by students. In foreign languages, especially German at the A1 level, discussing about self-identity and school life how much their understanding achievement will help fellow students actively communicate in German. Pre-test that has been done shows that the value is not as good as the post test. Student questionnaire results showed a higher interest in pictogram media compared with no media. Students' interest is more increasing, students are more active and the atmosphere of the German language class at Surabaya State University is more conducive.

Abstrak: Seiring dengan kemajuan pemikiran dan era digital semakin berkembang dibutuhkan pula kemampuan untuk beradapasi dengan sistem pembelajaran baru. Multimodal Literasi merupakan pembelajaran yang tidak hanya terpaku dengan teks bacaan namun juga dapat digabungkan dengan visual, suara, simbol dan gerakan. Kesatuan tersebut mengandung informasi yang berguna untuk menunjang materi pembelajaran khususnya berbahasa. Multimodal Literasi dalam pendidikan khususnya bahasa diperlukan untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak agar tidak hanya berfungsi sebagai bacaan semata yang menimbulkan anggapan siswa tidak menyenangkan.Khususnya membaca pemahaman membutuhkan upaya lebih bagi peserta didik untuk dapat menjawab beberapa pertanyaan dengan benar berdasarkan bacaan atau teks. Untuk dapat mempercepat pemahaman peserta didik dibutuhkan media penunjang membaca pemahaman. Media penunjang yang baru-baru ini menyita perhatian merupakan piktogram. Piktogram merupakan diagram yang datanya diwakilkan dalam bentuk gambar. Gambar mewakili isi dari kalimat, teks atau bacaan yang sedang dipelajari peserta didik. Dalam bahasa asing khususnya bahasa Jerman pada tingkat A1 membahas mengenai identitas diri dan kehidupan sekolah seberapa banyak pencapaian pemahaman mereka akan membantu sesama peserta didik berkomunikasi aktif dalam bahasa Jerman. Pre-test yang telah dilakukan menunjukan nilai yang tidak tidak sebaik post-test. Hasil angket peserta didik menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap media piktogram dibandingkan dengan tanpa media. Minat peserta didik lebih meningkat, peserta didik lebih aktif dan suasana kelas bahasa Jerman di Universitas Negeri Surabaya lebih kondusif.

Keywords

keterampilan membaca, piktogram, bahasa jerman

Full Text:

PDF

References

Bulut, B., Ulu, H. & Kan, A. (2015). Multimodal literacy scale: A study of validity and reliability. Eurasian Journal of Educational Research, 61,(hal 45-60), 10 Oktober 2019. http://dx.doi.org/10.14689/ejer.2015.61.3

Harimurti, Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Tampubolon 1987. Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung : Angkasa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.