Repetisi dalam Buku Antologi Puisi Celana dan Latihan Tidur Karya Joko Pinurbo (Kajian Analisis Wacana)

Millatir Rodiyah, Tsalis Fachrully Syahidah, Sumarlam Sumarlam

Abstract

Abstract: This study discussed and compared the aspect of lexical cohesion repetition in the poetry anthologies entitled Celana and Buku Latihan Tidur by Joko Pinurbo. The purpose of this study were (1) to describe the form of repetition used in poetry anthologies entitled Celana and Buku Latihan Tidur by Joko Pinurbo and (2) to describe the repetition function used in the poetry anthologies entitled Celana and Buku Latihan Tidur by Joko Pinurbo. This type of research was descriptive qualitative. The data in this study were the form and the function of repetition. The data sources in this study were poetry anthologies entitled Celana and Buku Latihan Tidur. The data collection technique used in this study was pustaka technique. The results of this study indicated the similarities and differences in the form and the function of repetition between poetry anthologies entitled Celana and Buku Latihan Tidur. The similarities were the more uses of anaphoric repetition and the absence of simploke repetition in the two anthologies. As for the difference, Joko Pinurbo did not use tautotes repetition in Celana, whereas in Buku Latihan Tidur epanalepsis repetition was not used.

Abstrak: Penelitian ini membahas dan membandingkan aspek kohesi leksikal repetisi dalam buku antologi puisi Celana dan Buku Latihan Tidur karya Joko Pinurbo. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk repetisi yang digunakan dalam antologi puisi Celana dan Buku Latihan Tidur karya Joko Pinurbo dan (2) mendeskripsikan fungsi repetisi yang digunakan dalam antologi puisi Celana dan Buku Latihan Tidur karya Joko Pinurbo. Jenis penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk repetisi dan fungsinya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini buku antologi puisi yang berjudul Celana dan Buku Latihan Tidur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya persamaan dan perbedaan pada bentuk dan fungsi repetisi di antara antologi puisi Celana dan Buku Latihan Tidur. Persamaannya terletak pada penggunaan repetisi anafora yang mendominasi kedua antologi, dan tidak ditemukan adanya repetisi simploke dalam kedua antologi tersebut. Adapun perbedaannya, Joko Pinurbo tidak menggunakan repetisi tautotes dalam antologi puisi Celana, sedangkan pada antologi puisi Buku Latihan Tidur tidak menggunakan repetisi epanalepsis.

Keywords

Repetition; poetry; joko pinurbo

Full Text:

PDF

References

Anindita, K. A., & Satoto, S. (2017). Diction in Poetry Anthology Surat Kopi by Joko Pinurbo as A Poetry Writing Teaching Material. International Journal of Active Learning, 2(1), 39–49.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih. (2008). Ketatabahasaan dan Kesusastraan: Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Kulsum, U. (2017). Repetisi sebagai Penguat Ide dalam Produksi Bahasa R. A. Kartini. Jurnal Metalingua, 15(1), 103-115.

Pinurbo, J. (1999). Celana. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pinurbo, J. (2017). Buku Latihan Tidur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Pradopo, R.D. (2009). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahariyoso, D. (2014). Paradoks Ruang Tubuh dalam Puisi “Sakramen” Larya Joko Pinurbo: Kajian ‘Pascakolonial Tubuh’ Sara Upstone. Jurnal Poetika, II(1), 43- 54. http://dx.doi.org/10.22146/poetika.10413.

Subroto, D.E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Bahasa: Pengantar Penelitian Wacana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sukriyah, S., Sumarlam, S., & Djatmika, D. (2018). Kohesi Leksikal Sinonimi, Antonimi, Dan Repetisi Pada Rubrik Cerita Anak, Cerita Remaja, Dan Cerita Dewasa Dalam Surat Kabar Harian Kompas. Aksara, 30(2), 267. doi: 10.29255/aksara.v30i2.230.267-283

Sumarlam. (2019). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: BukuKatta.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Wacana. Bandung: Penerbit Angkasa.

Taum, Y. Y. (2016). Kegelisahan Eksistensial Joko Pinurbo: Sebuah Tanggapan Pembaca. Jentera, 5(2), 23.

Zamzuri, A. (2018). Kekuasaan Mata dan Pemosisian Subjek dalam Puisi karya Joko Pinurbo. Jurnal Gramatika, VI(2), 169- 179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.