Kesinoniman Berita Online dalam Situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Edisi Januari-Juni 2019

Imania Putri Yusanti, Rika Avianty, Sumarlam Sumarlam

Abstract

Abstract: This study aims to explain the discourse of synonyms in online media news. The data collected through the website of the Corruption Eradication Commission (KPK) from January to June 2019. The presentation of synonyms in the discourse aims to distinguish the types of synonyms in 1) differences in dialects or habits, synonyms in usages, differences in word values, differences in word colocials, differences due to hyponyms and 2) describing and manifesting the five synonyms. In addition, analytical methods and data acquisition techniques that are used distributional with refer and note techniques This research is based on the theory used from the opinion of Palmes in Lexical Semantics and other experts. The results show that synonyms in a discourse is presented to enrich the choice of vocabulary, the quality of a discourse, and the attraction for the reader himself.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan wacana dari segi kesinoniman dalam berita online. Adapun sebagai sumber data melalui situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari Januari sampai Juni 2019. Pemaparan sinonim dalam wacana tersebut antara lain bertujuan untuk membedakan jenis sinonimnya pada 1) perbedaan sinonim pada dialek atau kebiasaan, sinonim pada penggunaannya, perbedaan pada nilai kata, perbedaan pada kolokial pada kata, perbedaan karena hiponim  dan 2) mendeskripsi dan wujud dari kelima sinonim tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Selain itu, metode analisis dan teknik pemerolehan data yang digunakan distribusional dengan teknik simak dan catat. Penelitian ini didasari teori yang digunakan dari pendapat Palmer dan para pakar ahli lainnya. Kesinoniman dalam sebuah wacana disajikan untuk memperkaya pemilihan kosa kata, kualitas sebuah wacana, daya tarik bagi pembaca itu sendiri.

Keywords

Discourse; Synonym; KPK; Distributional

Full Text:

PDF

References

Anwar, J., S. J. Darmanik, N. Hisyam dan A. J. Whitten. 1984. Ekologi Ekosistem Sumatera. Universitas Gadjah Mada Press. Yogyakarta

Chaer, Abdul. 1990. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit RinekaCipta

Brown dan Yule. 1986. Discourse Analaysis. Cambrigde: Cambrigde University Press.

Budiasa, I. N. (2015). Sinonimi Adjektiva dalam Bahasa Bali. Aksara, 27(2), 151-170.

Butler, Christopher, S. 1985. Systemic Linguistics Theory and Applications. London: Batsford Ltd.

Hasanah, N. (2017). Sinonim dalam Medan Makna ‘Menyakiti’ dalam Bahasa Sasak Dialek Negeno-ngene. Lingua, 14(1), 113-126.

Halliday, M.A.K dan Ruqaiya Hasan. 1985. Language, Context, and Text: Aspect of Language in a Social-Semiotic Perspective. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Asrudin Barori Tou, 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks.: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik-Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Palmer, Frank Robert. 1981. Semantics. (Second Edition). Cambridge: Cambridge University Press.

Pantouw, L. A. A. (2018). Sinonim Nomina Bahasa Melayu Manado. Kajian Linguistik, VI (1), 1-16.

Permatasari, R., Manaf, N. A., dan Juita, N. (2019). Nuansa Makna Sinonim Verba Transitif Berimbuhan meng-kan Bermakna Inheren Perbuatan dalam Bahasa Indonesia. Sosiohumaniora-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 21(1), 46-51.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Susanti, R., Aminah, S., dan Oktaviani, N. (2009). Sinonim, Repetisi, dan Antonim dalam Bahasa Jepang: Telaah Majalah Nihongo Journal dan Hiragana Times. Lingua Cultura, 3(1), 34-44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.