Menulis Terbimbing dengan Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa SMA di Kota Surabaya
Abstract
Abstract: This research is motivated by the low composing skills of high school students in the city of Surabaya, obtained from interviews with several Indonesian language teachers at Surabaya City High School. Writing an essay is one of the tasks that is considered difficult because students have difficulty in choosing and stringing words, and the limitations of students are less able to express ideas. Hypnoteaching is the realization of a critical factor of the conscious mind followed by the acceptance of a thought. This is done by using suggestive languages which in essence can be able to activate the subconscious mind. The use of hypnoteaching methods changes students' perceptions of learning writing skills. Students are suggested to be motivated in expressing their ideas in writing. This study aims to describe the application of hypnoteaching methods in learning Indonesian, namely the writing of essays in high schools in the city of Surabaya. This research method is a research with a qualitative approach. This type of research is descriptive research. The subjects of the research were the teachers and students of the Kawung 1 Surabaya High School, totalling 26 students. The steps taken in applying the hypnoteaching method are: 1) The Planning Stage, 2) The Implementation Stage, and 3) The Final Stage. Students give a positive response to this method. The results of the study can show that hypnoteaching has a good impact in learning to write essays in accordance with the given theme. Hypnoteaching makes learning more fun. It also increases concentration, creativity, and enthusiasm for learning to write essay.
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan mengarang siswa SMA di Kota Surabaya, yang diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa pengajar Bahasa Indonesia di SMA Kota Surabaya. Menulis karangan salah satu tugas yang dianggap sulit karena karena siswa mengalami kesulitan dalam memilih dan merangkai kata, serta keterbatasan siswa kurang mampu untuk mengungkapkan ide. Hypnoteaching merupakan penembusan faktor kritis pikiran sadar yang diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran. Hal ini dilakukan dengan cara menggunakan bahasa-bahasa yang sugestif yang intinya dapat dapat mengaktifkan pikiran bawah sadar. Penggunaan metode hypnoteaching mengubah persepsi peserta didik terhadap pembelajaran keterampilan menulis. Peserta didik disugesti hingga termotivasi dalam mengungkapkan idenya dalam tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yakni pada penulisan karangan pada Sekolah Menengah Atas di Kota Surabaya. Metode penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SMA Kawung 1 Kota Surabaya yang berjumlah 26 siswa. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penerapan metode hypnoteaching yakni: 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap pelaksanaan, dan 3) Tahap akhir. Siswa memberi respon positif pada metode ini. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa hypnoteaching memiliki dampak yang baik dalam pembelajaran menulis karangan sesuai dengan tema yang diberikan. Hypnoteaching membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan. Hal Ini juga meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan semangat untuk belajar menulis karangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud
Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Calkins, Lucy McCormick dan Shelley Harwayne. 1987. The Writing workshop : A World of Difference. Portmouth : Heinemann.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo
Hajar, I. 2012. Hypnoteaching. Yogyakarta: DIVA Press
Hunter, C.R. 2015. Seni Hipnosis: Penguasaan Teknik-teknik Dasar. Jakarta: PT. Indeks
Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jauhari, H. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendikia
Navis, A.A. 2013. Hypnoteaching. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Semi, A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Bandung
Subiyono, dkk. 2015. Afirmasi Visualisasi dan Kekuatan Pikiran. Yogyakarta: K-Media
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Tarigan, H.G. 2013. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.