PERBANDINGAN KESANTUNAN DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (Sebuah Strategi Kesantunan antara Penjual kepada Pembeli)
Abstract
Pada proses jual beli, baik di pasar tradisional maupun pasar modern (mall) terdapat interaksi dan komunikasi antara penjual dan pembeli. Untuk menciptakan tuturan yang harmonis dibutuhkan strategi kesantunan dalam bertutur. Dalam setiap tuturan, terdapat faktor yang berperan dalam peristiwa tutur. Faktor-faktor tersebut antara lain, penutur, mitra tutur, topik pembicaraan, tempat pembicaraan, suasana pembicaraan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, penutur akan selalu memperhatikan kepada siapa ia berbicara, di mana, mengenai apa, dan dalam suasana bagaimana. Berdasarkan lingkup bidang kajian pragmatik yang cukup luas, maka tulisan ini membahas tentang perbandingan strategi kesantunan antara penjual dan pembeli di pasar tradisional dan pasar modern. Masalah pengungkapan strategi kesantunan dalam proses interaksi dan komunikasi antara penjual dan pembeli merupakan kajian yang cukup menarik dalam pragmatik. Maka perlu kajian untuk membedah masalah kebahasaan ini secara lebih lanjut berdasarkan teori atau pendapat para linguis.
Kata kunci: strategi kesantunan, pasar tradisional, pasar modernFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.