Metodologi Penelitian Linguistik/Pragmatik

Riyadi Santosa

Abstract

Pada dasarkan, metodologi penelitian apapun termasuk metodologi penelitian pragmatik meliputi dua persiapan utama, yaitu “what to investigate” dan “how to invenstigate”. Kedua persiapan ini sama pentingnya sehingga kedua persiapan ini bak dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Di dalam makalah ini kedua masalah tersebut akan dibahas secara lebih praktis daripada teoritis dengan fokus pada penelitian pragmatik.

Pertama, persiapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa S-3 atau peneliti pada umumnya ialah pencarian topik penelitian. Pencarian topik akan meliputi paling tidak tiga langkah. Pertama, peneliti harus dapat menemukan bagaimana cara memperoleh topik yang tepat dan sesuai dengan kemampuan. Kedua, topik yang akan diteliti tetap mempunyai novelty atau kebaruan. Dan ketiga, topik tersebut mempunyai manfaat secara teoritis dan praktis. Novelty atau kebaruan dan manfaat hasil penelitian ini sangat vital terutama bagi mahasiswa S-3, karena mereka adalah calon doktor yang harus menemukan atau mengembangkan teori.

Kedua, persiapan berikutnya yang membuat peneliti muda sering bingung ialah bagaimana cara merancang dan melaksanakan penelitian mereka agar mereka dapat menghasilkan mengembangkan atau menemukan teori baru. Persiapan ini mencakup dua hal yang sangat penting, yaitu metodologi penelitian (desain, paradigma, dan strategi penelitian yang ditempuh) dan metode penelitian (sejumlah langkah yang harus ditempuk secara sistemik dan sistematis agar tujuan penelitiannya tercapai).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.