Literature Review : Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Altun, E., & Yildirim, N. (2023). What does critical thinking mean? Examination of pre-service teachers’ cognitive structures and definitions for critical thinking. Thinking Skills and Creativity, 49(December 2022), 101367. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101367
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung Alfabeta.
Ayu hartini (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 1 Nomor 2a Desember 2017
Bilqiis, I. A. A., Zuhri, M. S., & ... (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika SMP. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(2), 118–129. http://journal.kualitama.com /index.php/jkp/article/view/357%0Ahttps://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/download/357/239
Facione. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findings and Recommendations.
Hujjatusnaini, N., Corebima, A. D., Prawiro, S. R., & Gofur, A. (2022). the Effect of Blended Project-Based Learning Integrated With 21St-Century Skills on Pre-Service Biology Teachers’ Higher-Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 104–118. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.27148
Ilham Kamaruddin, Delia Subrayanti, Rasimin, Triyanto, MS Viktor Purhanudin , Ns.Novita, Amri (2024) Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa : Tinjauan Pustaka. Journal on Education Volume 06, No. 03, Maret-April 2024, pp. 17734-17743 http://jonedu.org/index.php/joe
Jeniver, Muhyiatul Fadilah, Heffi Alberida (2023). Literature Review : Pengaruh Model Pembelajaran PJBL ( Project Based Learning ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education. http://journal.moripublishing.com/index.php/biochephy
Kartika, W., & Musatadi. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Communication Skills pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(1), 1–7. http://ejournal.unesa.ac.id/article/19188/12/article.pdf
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
Kurniasih, A. W. (2010). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 0(0), 486–493.
Natadadya Puspa Rineksiane (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning untuk Membantu Siswa dalam Berpikir Kritis. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 7 No. 1, Januari 2022, Hal. 82-91. http://ejournal.upi.edu /index.php/jpmanpe
Nur Kusuma Dewi, N. R. U. K. (2016). Berpikir, Kemampuan Siswa, Kritis Sistem, Materi. Journal of Biology Education, 5(3), 310–318.
Prihatni, Y., Kumaidi., & Mundilarto. (2016). Pengembangan instrumen diagnostik kognitif pada mata pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.
Sri Zulfia Novrita, Ambiyar, Nurhasan Syah (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Soft Skill Berfikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik: Meta Analisis. Jurnal Pendidikan Tambusai. Halaman 6347-6359 Volume 8 Nomor 1 Tahun 2024
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Penilaian Pendidikan dan Ujian. AplikAsi RascH PemodelAn Pada Assessment Pendidikan, September, 1–24.
Suryadi, E. (2010). Model Komunikasi Efektif bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(4), 3. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/135
Tipani, Anita., et al. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 4(2), 70–76
Winoto, P., & Tj, T. I. (2013). Pembuatan Website Profil Sekolah Dasar Negeri 03 Kalisoro. Jurnal Speed, 4(1), 50–55. https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/ viewFile/1144/1132
Yance, R. D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. 1(April), 48–54.
Zubaidah Siti. (2019). Memberdayakan keterampilan Abad ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. . Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, October, 1–19. https://www.researchgate.net/publication/336511419_
Refbacks
- There are currently no refbacks.