Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Isu-Isu Sosiosaintifik Ekologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aktas, Sarpkaya, Gülfem, & Melihan Ü. 2013. Critical Thinking Skills of Teacher Candidates of Elementary Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 93: 835.
Chowdhury, T., Holbrook, J., & Rannikmäe, M. (2020). Socioscientific Issues within Science Education and their Role in Promoting the Desired Citizenry. Science Educatio International, 31(2): 203–208. https://doi.org/10.33828/sei.v31.i2.10
Eastwood, J. L., Troy D. S., Dana L. Z., Anna L., Leila A., & Scott A. 2012. Contextualizing Nature of Science Instruction in Socioscientific Issues. International Journal of Science Education. Vol. 34(1): 2289–2315.Hanumi Oktiyani Rusdi. (2007). Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Kelas XI pada Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Metode Praktikum dengan Menggunakan Bahan Sehari-hari. Bandung: UPI Bandung.
Fahdia, M. N. 2017. Pengaruh Metode Diskusi Isu-Isu Sosiosaintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Istiana, R., Desti H., Nadiroh, & Putu R. A. M. 2019. Efektivitas Problem-Based Learning Terhadap Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Tentang Isu Sosiosaintifik Lingkungan. Edusains. Vol. 11(2): 286–296.
Laliyo, L. A. R. 2021. Mendiagnosis Sifat Perubahan Konseptual Siswa: Penerapan Teknik Analisis Stacking Dan Racking Rasch Model. Sleman: Deepublish Publisher: 126.
Mazfufah. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Isu-Isu Sosiosaintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43
Pandela, Y. S., Sunyono S., & Ratu B. R. 2019. Pengaruh Isu Sosiosaintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 8(2).
Pusmendik.kemdikbud.go.id. (2023, 03 Agustus). Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir. Diakses pada 6 September 2024, dari https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pisa/berita/read/pisa-di-indonesia/3/ini-dia-hasil-survei-pisa-tentang-kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3 tahun-terakhir/.
Putri, J. A. 2023. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Isu-Isu Sosiosaintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/.
Samura, A. O. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics Education and Science. Vol. 5: 2528–4363.
Sadler, T. D., & Zeidler, D. L. 2004. The Morality of Socioscientific Issues: Construal and Resolution of Genetic Engineering Dilemmas. Science Education. Vol. 88(1): 4–27. https://doi.org/10.1002/sce.10101
Shirkhani, S., & Fahim. 2011. Meningkatkan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Procedia Ilmu Sosial dan Perilaku. Vol. 29: 111–115.
Taufiq, M., Murbangun N., Hartono, & Pratama B. W. 2022. Inovasi Pembelajaran IPA Bermuatan Kecakapan Abad 21 Di Masa Pandemi COVID-19. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Tumanggor, M. 2020. Berfikir Kritis Cara Jitu Menghadapi Pembelajaran Abad 21. Gracias Logis Kreatif
Zubaidah, S. 2020. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 1–17
Refbacks
- There are currently no refbacks.