PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK SMK KELAS X PADA MATERI PROYEK IPAS

Winda Ratna Sari, Baskoro Adi Prayitno, Sarwanto Sarwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bahan ajar untuk siswa kelas X SMK dengan materi Proyek IPAS. Bahan ajar ini didesain menarik dengan memperhatikan warna dan penulisan agar bertujuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan Model Borg & Gall yang memiliki 6 tahap yakni: (1) Penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi terhadap produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk uji coba lapangan, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi terhadap produk akhir, (10) mendimensikan dan mengimplementasikan produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli desain. Penelitian ini juga didukung dari validasi guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas X SMK. Berdasarkan hasil penelitian: (1) e-modul berbasis PjBL-STEM ini telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan setelah diadakan validasi dan uji coba, (2) Pada ahli media, dengan hasil menunjukkan sebesar 86% yang berarti valid, ini termasuk dalam kriteria sangat layak, (3) Pada ahli desain, dengan hasil menunjukkan sebesar 94% yang berarti valid, ini termasuk dalam kriteria sangat layak, (4) Pada ahli materi, dengan hasil menunjukkan sebesar 97% yang berarti vali, ini termasuk dalam kriteria sangat layak, (5) Pada uji coba Perorangan, dengan hasil menunjukkan sebesar 91% yang berarti valid, (6) Pada uji coba kelompok kecil, dengan hasil menunjukkan sebesar 91% yang berarti valid, (7) Pada uji coba Lapangan, dengan hasil menunjukkan sebesar 90% yang berarti valid, dan (8) Pada uji coba teman sejawat, dengan hasil keterampilan menunjukkan sebesar 95% yang berarti valid. maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan yang berbentuk e-modul berbasis PjBL-STEM untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreatif peserta didik layak digunakan pada kelas X SMK.

Keywords

e-Modul; Keterampilan Berpikir Kritis; PjBL, STEM

Full Text:

PDF

References

Agapau, J. D. L., Ningsih, K., & Titin. (2024). Kajian Konseptual E-Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 10(1). https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v10i1.2399

Alfiana, H., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Analisis Butir Tes Keterampilan Berpikir Kritis dan Pengetahuan Prosedural Grammar Bahasa Inggris. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p020

Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441

Altatri Adelisha, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Tambusa, 8(1).

Anggraynie, R. T., Qadar, R., & Zulkarnaen, Z. (2023). The Effect of STEM-PjBL Learning on Temperature and Heat Material on Student Learning Outcomes at SMPN 2 Bontang. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 6(2). https://doi.org/10.37891/kpej.v6i2.445

Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(2).

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1).

Baso Intang Sappaile, Nenni Triana Sinaga, Muh.Safar, Novianty Djafri, Aloisius Harso, Dewanto, & Tomi Apra santosa. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis IoT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Meta -analysis. PUAN INDONESIA, 5(2). https://doi.org/10.37296/jpi.v5i2.223

Faiziyah, N., & Priyambodho, B. L. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5918

Fatimah, H., Yamtinah, S., & Bramastia, B. (2023). Study of Ecology and Biodiversity Learning Based on Project Based Learning-Science Technology Engineering Mathematics (PjBL-STEM) in Empowering Students’ Critical Thinking. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.3688

Gestira, M., Abdurrahman, & Viyanti. (2021). PjBL-Based Blended Learning Implementation on Energy Topic to Improve the Problem-Solving Skill. Impulse: Journal of Research and Innovation in Physics Education, 1(1). https://doi.org/10.14421/impulse.2021.11-04

Haka, N. B., Majid, E., & Pahrudin, A. (2021). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1). https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155

Hasyda, S. (2021). Implementasi JIM (Juris Prudential Inquiri Model) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era New Normal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.152

Inzghi, I., Wibowo, F. C., & Serevina, V. (2023). E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI FLUIDA STATIS DAN DINAMIS. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF46

Israwaty, I., Nurjannah, & Syam, N. (2021). PKM Media PLTU Sederhana dan Lifting Hidraulic Sebagai Sarana Pendekatan STEM Berbasis PJBL di UPTD SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Isro, A. L., Anggraito, Y. U., Bintari, S. H., & Semarang, U. N. (2021). Description of students’ critical thinking skills in integrated PJBL STEM learning environmental change material. Journal of Innovative Science Education, 10(37).

Izzah, N., & Mulyana, V. (2021). Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendidikan STEM dalam Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1). https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111853 Lianti, Lukman Harun, & Agnita Siska Pramasdyahsari. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11619

Ma’wa, A. J., Toto, T., & Kustiawan, A. (2022). PENGARUH MODEL PjBL-STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7256

Maunino, G. Z. T., & Tacoh, Y. T. . (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mata Pelajaran Informatika di SMA Kristen 1 Salatiga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17).

Minarni, M., & Haryanto, H. (2023). Implementation of a Stem-Integrated PJBL Model to Improve Science Processes and Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(3). https://doi.org/10.23960/jpmipa/v24i3.pp640-645

Mudatsir. (2023). ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MEMANFAATKAN PLATFORM QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2).

Nur Sopa, Dinny Mardiana, & Deti Ahmatika. (2023). PENGEMBANGAN LKPD MODEL PJBL BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(3). https://doi.org/10.32672/perisai.v2i3.458

Nurjanah, A., Herlina, K., & Ertikanto, C. (2023). Development of Natural Disaster Mitigation LKPD Based on PJBL-STEM Assisted by Micro: Bit to Increase Self Awareness and Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.6124

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2).

Rani, P. R., Lestari, A., Mutmainah, F., & ... (2021). Pengaruh Metode PJBL Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 014 Rambah Samo. Journal for Lesson ….

Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1). https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.772

Rosyidah, N. D., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model STEM PjBL disertai Penilaian Otentik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.1

Shar, T. H. (2023). Collaborative Learning: A Phenomenographic Study of STEM Students’ Individual Characteristics Impact on Project-Based Learning in a Semi-Professional Environment. Rangahau Aranga: AUT Graduate Review, 2(3). https://doi.org/10.24135/rangahau-aranga.v2i3.198

Silvanny, & Yerimadesi. (2023). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM pada Materi Reaksi Kimia untuk Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).

Sipahutar, C. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR XYZ JAKARTA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6322

Solihin, A., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). Review of trends project based learning (PjBL) integrated STEM in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012031

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1). https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The development of electrolysis cell teaching material based on stem-pjbl approach assisted by learning video: A need analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.25199

Yayang, E. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MOODLE PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN. EDUTECH, 18(1). https://doi.org/10.17509/e.v18i1.14113

Yulliyanti, L. (2020). Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Kreasi Model Permainan “Cipta Kuis Tebak-Tebakan Adik Simba” pada Pelajaran Bermuatan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial. SHEs: Confer

Refbacks

  • There are currently no refbacks.