KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TINDAKAN PENANGANAN LIMBAH

Fairus Nur Adawiyah, Muhammad Muttaqin, Meti Maspupah

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan
mengintegrasikan antara kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan
yang dialami oleh peserta didik. Keterampilan berpikir kreatif merupakan suatu proses berpikir untuk menentukan
hubungan yang baru dengan berbagai hal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besaran
pengaruh keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Project based learning terhadap
keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian
quasi-eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1
Dayeuhkolot dan sampel yang digunakan adalah kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak
35 dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa dengan penentuan sampel
menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan nilai pretest dan posttest siswa.
Penelitian ini memperoleh hasil nilai signifikansi (2-tiled) yakni 0, 000, maka nilai signifikansi (2-tiled) ≤ 0, 05
maka Ho di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara
pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi tindakan penanganan
limbah.

Keywords

Keterampilan berpikir kreatif, project based learning, tindakan penanganan limbah

Full Text:

PDF

References

Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal SAP (Susunan

Artikel Pendidikan), 3(1), 1-9.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House 83(2), 39-43.

Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan

Kreativitas dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651.

Fitriana Ayu Wulandari, Mawardi, Krisma Widi Wardani. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas

Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. No. 1. Vol. 3.

Firmansyah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan

Komunikasi Matematis berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Journl of Research in

Mathematics Learning, 1- 10.

Hasanuddin, M. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaraan. Jurnal

Edukasi dan Sains, 1-16.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 246–254.

Maula, M.M., Prihatin, J., Fikri, K. 2014. Pengaruh Model PjBL (Project- Based- Learning) Terhadap Kemampuan

Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Pada Materi Pengelolaan. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Lingkungan. Universitas Jember (UNEJ).

Maulana. 2007. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang.

Munandar, U. 2012 . Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. Rahayu. (2017). Mengoptimakan

Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia Abad 21.

Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 183-188.

Utami Azzahra, Fitri Asih, Heffi Alberida. 2023. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan

Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Science Education, Vol. 03, No. 1.

Wahida, F., Rahman, N., Gongo, S.T. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan

Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Negeri 1 Parigi. Jurnal Sains dan Teknologi. Universitas

Tadulako. Vol.4, No.3.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. PT BumiAksara Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.