Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Melalui Pelatihan Pembuatan SoaI High Order Thinking Skills Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Hasil Penelitian Terpublikasi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., D.R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Aningsih, Anugrah. 2018. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. 20 hlm. http://repository.ump.ac.id/7373/3/Anugrah%20Aningsih%20Bab%20II.pdf. Diakses 8 Januari 2019. Pukul 09.24 WIB Badan Pusat Statistik. 2015. Daftar Provinsi, Jenjang SMA Berdasarkan Jumlah Nilai Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2014/2015 http://118.98.234.50/lhun/daftar.aspx Badan Pusat Statistik. 2019. Jumlah Penduduk Miskin menurut Provinsi, 2007- 2018.https://www.bps.go.id/dynamictable/2016/01/18/1119/jumlah-penduduk-miskin-menurut-provinsi2007-2018.html Barrat, C. 2014. Higher Order Thinking and Assesment. International Seminar on Current Issues In Primary Education, Universitas Muhamadiyah Makasar. Brookhart, S.M. 2010. How To Asses Higher-Order Thinking Skills In Your Clasroom. ASCD Member Book, United States of America. Enggen, P., D. Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Indeks, Jakarta Dahtiar, Agi. 2015. Pembelajaran Levels of Inquiry (LOI) Agi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP pada Kontens Energi Alternatif. Repository.upi.edu. 9 Hal Ernawati, L. 2017. Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama 1st Islam. International Conference on Islamic Civilization ans Society (ICICS). ISSN: 2597-9177 Gunawan, A.W. 2006. Genius Learning Strategy. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Hanifah, N. 2016. Perbedaan belajar materi elastisitas melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan student archievment division (stad) siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika1(3):6--73. Fanani, A, dan Dian Khusmaharti. 2013. Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar. P-ISSN 2086-7433. E-ISSN 2549-5801. Kurniati, D., Romi Harimukti, dan Nur Aisyah Jamil. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20 (2): 142—155 Rosnawati, R. 2012. Enam Tahap Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Http://satf.uny.ac.idDiakases, Senin 04 Februari 2019. Pukul 22.40 WIB Rychen, D.S., L.H. Salganik. 2003. Key Competencies For a Succesful Life and a Well-Functioning Society. German: Hogrefe & Huber, Gottingen: Vii+205 hlm Shafa. 2014. Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu. Vol 14(1). 81-96 Halaman. Siburuan, R., Simanjuntak, S. D., & Simorangkir, F. M. (2019). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1-9. Yuniar, M., dkk. 2015. Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SDN V Ciamis. 9 hlm. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article. Diakses 10 Januari 2019. Pukul 07.15 WIB Zuriyani, E. (2010). Literasi Sains Dan Pendidikan. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 13. Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309 Mukhlis, M., Suwandi, S., Rohmadi, M., & Setiawan, B. (2023). Higher Order Thinking Skills in Reading Literacy Questions at Vocational High Schools in Indonesia. International Journal of Language Education, 7(4), 615– 632. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i4.37603 Pilten, G. (2010). Evaluation of the skills of 5th grade primary school students’ high-order thinking levels in reading. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1326–1331. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.195 Rostikawati, Y., Kartiwi, Y. M., & Syarifah, E. F. (2021). Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal High Order Thinking Skill (HOTS). Diglosia: Jurnal Pendidikan Kebahasaan Dan Kesastraan Indonesia, 5(1), 59–68. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2019463&val=10922&title=Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-soal High Order Thinking Skill HOTS
Refbacks
- There are currently no refbacks.