Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dalam Bidang Ekologi di Perguruan Tinggi Melalui Penerapan Praktikum Mandiri

Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

ABSTRAK

 

Kejenuhan dalam rutinitas proses belajar-mengajar, rendahnya aktivitas-kreativitas serta ketidakpahaman mahasiswa tentang aplikasi materi perkuliahan dalam pemecahan masalah merupakan bagian permalahan besar dalam sistem pembelajaran Biologi di Perguruan Tinggi. Sebagai akibatnya mahasiswa cenderung pasif dalam proses belajar-mengajar dan mengikuti pola formalistic dalam penyelesaian studinya. Model pembelajaran acative learning yang diterapkan melalui pendekatan problem.-based learning salah satunya dengan introduksi penerapan praktikum mandiri terbukti memberikan sumbangan berarti dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok, diberikan topik praktikum berdasarkan masalah aktual yang ada dan secara terbimbing kelompok praktikan tersebut dilatih untuk merencanakan, melaksanakan, menganalisa data dan melaporkan hasilnya secara tertulis maupun secara lisan.

 

Berdasarkan hasil evaluasi selama tiga tahun terakhir penerapan praktikum mandiri dalam bidang Ekologi di Jurusan Biologi FMIPA UNS Surakarta didapatkan nilai positif antara lain: (1) mahasiswa memahami aplikasi materi yang dikaji dalam pemecahan masalah melalui pengalaman penelitian, (2) mahasiswa terbimbing dalam proses perencanaan, pelaksanaan, analisa data dan pelaporan kegiatan praktiktum sehingga terpacu urtuk segela menyusun proposal tugas akhir maupun proposal penelitian hibah kompetitif, rnisalnya PKM, PKM dll., (3) terbangunnya motivasi dan etos juang mahasiswa dalam studi literatur terkait topik praktikumnya secara mandiri serta (4) adanya stimulasi terhadap kemampuan kerjasama dalam team-work. Akan tetapi masih ada berbagai kendala penerapan praktikurn mandiri tersebut, antara lain: (1) keterbatasan waktu, (2) instrumen penilaian dan (3) tingginya intensitas pembimbingan.

 

Kata kunci: Active learning, problem based-learning, praktikum mandiri, pembelajaran Ekologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.