MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUNTANG TAHUN AJARAN 2OO8/2OO9

Dudy Istiyarto

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan macromedia flash dalam pembelajaran  biologi  untuk meningkatkan penguasaan  konsep siswa.

Penelitian  ini merupakan penelitian  tindakan kelas (Classroom  Action Research) kolaboratif yang dilaksanakan  dalam 2 siklus. Setiap  siklus  terdiri  dari  tahap perencanaan  tindakan yang berupa penyusunan langkah-langkah  pembelajaran  dengan  penggunaan  jurnal belajar dengan macromedia flash, pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan evaluasi,  serta  refleksi untuk tindakan berikutnya.  Subyek penelitian adalah  siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Tuntang.  Data diperoleh melalui observasi, wawancara, penyebaran angket,  kajian dokumen, catatan  lapangan  dan  tes evaluasi  kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Validasi  data menggunakan  teknik Triangulasi metode  yaitu angket,  lembar observasi, dan  tes  yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan macromedia flash pada pembelajaran biologi bisa meningkatkan  kualitas pembelajaran yang dapat dilihat dari peningkatan penguaiaan  konsep. Pada akhir siklus  II semua  siswa berhasil melewati batas tuntas minimal.

Kata kurci: macromedia  flash, penguasaan  konsep,  biologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.