MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUNTANG TAHUN AJARAN 2OO8/2OO9
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan macromedia flash dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan yang berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran dengan penggunaan jurnal belajar dengan macromedia flash, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Tuntang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, kajian dokumen, catatan lapangan dan tes evaluasi kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Validasi data menggunakan teknik Triangulasi metode yaitu angket, lembar observasi, dan tes yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan macromedia flash pada pembelajaran biologi bisa meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat dilihat dari peningkatan penguaiaan konsep. Pada akhir siklus II semua siswa berhasil melewati batas tuntas minimal.
Kata kurci: macromedia flash, penguasaan konsep, biologi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.