PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 BANYUBIRU
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran seni tari dapat menjadi kegiatan belajar kreatif dalam mengkonstruksi gerak-gerak tari menjadi sebuah tarian ciptaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran seni tari berbasis lingkungan dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar mandiri siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Banyubiru Tahun Ajaran 2008/2009 sebanyak 40sisrva. Data diperoleh dari kajian dokumen, observasi, penyebaran angket, catatan lapangan dan unjuk kerja. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Indikator gerak tali kreatif yaitu kelancaran keluwesan (fleksibilitas), elabolasi dan orisinalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran seni tari berbasis lingkungan bisa meningkatkan kreativitas siswa dari 51% menjadi 75%, dan meningkatkan motivasi belajar seni siswa dari 52,1% menjadi 83,9% pada akhir siklus 3. Belajar menari secara kreatif memberikan wadah untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat kreatif siswa khususnya dalam bidang seni tari.
Kata kturci : seni budaya, kreativitas, motivasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.