PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 BANYUBIRU

Arina Rakhmandasari

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran  seni  tari dapat menjadi  kegiatan belajar  kreatif dalam mengkonstruksi  gerak-gerak tari menjadi  sebuah  tarian ciptaan siswa. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran  seni tari berbasis  lingkungan  dalam meningkatkan kreativitas  dan motivasi belajar  mandiri siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian  tindakan  kelas  (Classroom Action Research).  Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Banyubiru  Tahun Ajaran  2008/2009  sebanyak 40sisrva. Data diperoleh dari kajian dokumen,  observasi, penyebaran  angket,  catatan lapangan  dan unjuk kerja. Data dianalisis  secara deskriptif kualitatif. Indikator gerak tali kreatif yaitu kelancaran keluwesan  (fleksibilitas), elabolasi  dan orisinalitas.

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa penerapan pembelajaran seni tari berbasis  lingkungan bisa meningkatkan kreativitas siswa dari 51% menjadi 75%,  dan meningkatkan motivasi  belajar  seni siswa dari 52,1% menjadi  83,9%  pada akhir siklus 3. Belajar menari secara kreatif memberikan wadah untuk menumbuhkembangkan  minat  dan bakat kreatif siswa khususnya  dalam bidang seni tari.

Kata kturci  : seni budaya,  kreativitas, motivasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.