ANALISIS SOAL UJIAN NASIONAL IPA SMP TAHUN 2014 BERDASARKAN DIMENSI PENGETAHUAN DAN DIMENSI PROSES KOGNITIF

Herni Budiati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebaran soal Ujian Nasional IPA SMP tahun 2014 berdasarkan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif.Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2014, tepat setelah Ujian Nasional untuk jenjang SMP selesai dilaksanakan. Subyek penelitian adalah soal-soal Ujian Nasional IPA tahun 2014 yang digunakan sebagai alat evaluasi akhir bagi kelas IX secara nasional sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Data dikumpulkan dari 5 paket soal Ujian Nasional IPA yang diambil secara acak dari 20 paket soal yang ada. Data dianalisis penyebarannya secara kualitatif  berdasarkan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam taksonomi pendidikan menurut Bloom yang direvisi oleh Anderson dan Krathwohl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 soal (100%) soal Ujian Nasional IPA tahun 2014 untuk jenjang SMP merupakan soal yang termasuk dimensi pengetahuan konseptual, dan tidak ditemukan soal yang menggali penguasaan pengetahuan faktual maupun prosedural. Sementara dari tinjauan dimensi proses kognitif, soal Ujian Nasional IPA tahun 2014 untuk jenjang SMP yang termasuk dalam kategori mengingat (C1) adalah sebanyak 4 soal (10%), memahami (C2) sebanyak 27 soal (67,5%), menerapkan (C3) sebanyak 4 soal (10%), menganalisis sebanyak 3 soal (7,5%), mengevaluasi (C5) sebanyak 2 soal (5 %), dan mencipta (C6) sebanyak 0 soal (0%).

 

Kata Kunci: Analisis Soal Ujian Nasional, Mata Pelajaran IPA, Dimensi Pengetahuan, Dimensi Proses Kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.