IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUKAN MACRO MEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN IPA BERBASIS LESSON STUDY DI SMP

Arif Didik Kurniawan, Nuri Dewi Muldayanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa, dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian dilakukan dengan metode action research (tindakan kelas) dan pada setiap pertemuan dilaksanakan Lesson study yang terdiri dari tiga tahapan yaitu plan, do dan see. Hasil Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Macro Media Flash 8 Pada Mata Pelajaran IPA Berbasis Lesson Study Di SMP dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMP N 3 Sungai Raya Kabupaten Bengkayang pada siklus I yaitu 30% dan untuk siklus II sebesar 80%, untuk SMP N 9 Mekar Sari Kabupaten Kubu Raya pada siklus I sebesar 29,03% dan pada siklus II sebesar 77%. Pada SMP Muhammadiyah 1 Kota Pontianak siklus I sebesar 18,05% dan pada siklus ke II sebesar 74,07%, dan SMP Kemala Bhayangkari 1 Kabupaten Kubu Raya pada siklus I sebesar 20% dan pada siklus ke II sebesar 85,71%. Peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi karena adanya peningkatan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran terjadi karena pada setiap pertemuan pembelajaran dilakukan lesson study. Upaya tersebut dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan. Pelaksanaanya adalah di dalam kelas dengan tujuan memahami siswa secara lebih baik. Lesson Study dilaksanakan secara bersama-sama dengan guru lain. Kelompok guru mengembangkan pembelajaran secara bersama-sama, salah seorang guru ditugasi melaksanakan pembelajaran, guru lainnya mengamati belajar siswa.

 

Kata Kunci : Inquiry terbimbing, Macro media flash, dan Lesson Study, Pelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.