PENERAPAN PEDAGOGI REFLEKTIF DALAM MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA BIOLOGI I DI PRODI PGSD UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Luisa Diana Handoyo, Maslichah Asy’ari

Abstract

ABSTRAK

 

Permasalahan serius di Indonesia belakangan ini adalah menurunnya nilai kemanusiaan masyarakat. Banyaknya korupsi di berbagai bidang, menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuan, hingga ketidakpedulian pada kelestarian  lingkungan hidup.  Hal tersebut tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun juga terjadi pada anak-anak atau siswa sekolah.  Jika hal tersebut  tidak ditangani mulai dari sekarang, maka akan memberi dampak yang buruk di masa depan.  Oleh karena itu diperlukan adanya suatu model pembelajaran yang tidak hanya mengembangkan segi kognitif siswa namun juga dapat mengembangkan sisi kemanusiaannya.  Salah satu model yang dapat digunakan adalah Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan PPR dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep IPA Biologi serta dalam meningkatkan aspek kemanusiaan khususnya rasa setia kawan, persaudaraan, kejujuran, cinta lingkungan serta jiwa kepemimpinan mahasiswa melalui mata kuliah Konsep dasar IPA Biologi I.  Melalui 5 tahap dalam PPR, yaitu konteks, pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi, siswa bukan hanya menemukan konsep dari suatu materi pembelajaran, namun juga diajak untuk belajar mengenai nilai-nilai kemanusiaan melalui kerjasama kelompok.

Proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan, dengan menerapkan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa penerapan PPR dalam perkuliahan KD IPA Biologi 1 dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep IPA dan dapat meningkatkan rasa setia kawan, persaudaraan, kejujuran, cinta lingkungan serta jiwa kepemimpinan mahasiswa PGSD kelas III/E.

 

Kata kunci:  PPR, PAKEM, pendidikan karakter, model pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.