PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR DALAM GRUP BERBASIS LMS UNTUK MEMONITOR BELAJAR MAHASISWA DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANIMAL EMBRYOLOGY (SBI PROGRAM) DI P. BIOLOGI FKIP UNS

Harlita Harlita, Riezky Maya Probosari

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: 1.  Penggunaan jurnal belajar berbasis LMS untuk memonitor kemajuan belajar mahasiswa secara efektif, 2. Efektivitas jurnal belajar berbasis LMS pada mata kuliah Animal  Embryology dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dan  3. Kesan dan tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan jurnal belajar berbasis LMS pada mata kuliah Animal  Embryology. Penelitian yang dilakukan  merupakan penelitian penelitian eksperimental semu dengan populasi mahasiswa  pendidikan Biologi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS Surakarta Semester VI tahun 2010 program SBI sebanyak 21 mahasiswa  Produk penelitian ini adalah jurnal belajar dalam grup berbasis  LMS. Desain penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen, dengan rancangan post test only design. Mahasiswa mengirimkan hasil jurnal belajarnya lewat LMS dengan moodle.Diberikan batas waktu pengiriman jurnal belajar sebagai indikator untuk memonitor belajar mahasiswa. Sedangkan untuk pemahaman mahasiswa pada materi Animal  Embryology didapat dari nilai tes kognitif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa Penggunaan jurnal belajar berbasis LMS : (1) efektif untuk memonitor    kemajuan belajar mahasiswa, (2). efektif meningkatkan Pemahaman mahasiswa pada Mata kuliah Animal Embryology dan (3) penilaian performansi dosen dalam pembelajaran meningkat.

 

Keywords: jurnal belajar, LMS, animal embryology.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.