PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Wiratamasari Sarwinda

Abstract

Berpikir kreatif merupakan salah satu kecakapan hidup yang dibutuhkan pada abad 21. Upaya yang dapat dilakukan
untuk mengembangkan keterampilan ini yaitu melalui pendidikan. Keterampilan ini dapat menjadi bekal bagi siswa dalam
memecahkan berbagai permasalahan yang ada. Biologi merupakan salah satu bidang IPA yang memberikan wadah bagi siswa
untuk mengasah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan ini tidak dapat berubah dengan sendirinya. Diperlukan suatu
rangsangan berupa inovasi strategi pembelajaran yang membantu memberdayakan keterampilan tersebut. Salah satu stategi
pembelajaran yang dapat membantu memberdayakan keterampilan tersebut adalah Reciprocal Teaching (RT). Penggunaan
Strategi RT pada struktur pembelajaran biologi SMA diharapkan dapat membantu memperdayakan keterampilan berpikir kreatif
siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.