STUDI KOMPARASI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK DAN KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat miskonsepsi pada materi sistem ekskresi
siswa kelas XI IPA SMA N 4 Surakarta tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kontruktivisme tipe
Novick dan pembelajaran konstruktivis-kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan Pre-
test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive
sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda disertai CRI (Certanty of Response Index) dan lembar observasi. Uji
hipotesis penelitian menggunakan uji Anakova taraf signifikansi 5 % dengan skor pre-test sebagai kovariatnya. Hasil uji
hipotesis tingkat miskonsepsi siswa melalui pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dan konsruktivis kolabortif diperoleh nilai
p-value< 0,05 (0.002 < 0.05), sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan tingkat miskonsepsi siswa SMA Negeri 4
Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 melalui pembelajaran kontruktivisme tipe Novick dan pembelajaran berbasis kontruktivis-
kolaboratif.
Kata kunci : Pembelajaran Kontruktivisme Tipe Novick, Pembelajaran Kontruktivis-Kolaboratif, Tingkat Miskonsepsi
siswa kelas XI IPA SMA N 4 Surakarta tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kontruktivisme tipe
Novick dan pembelajaran konstruktivis-kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan Pre-
test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive
sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda disertai CRI (Certanty of Response Index) dan lembar observasi. Uji
hipotesis penelitian menggunakan uji Anakova taraf signifikansi 5 % dengan skor pre-test sebagai kovariatnya. Hasil uji
hipotesis tingkat miskonsepsi siswa melalui pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dan konsruktivis kolabortif diperoleh nilai
p-value< 0,05 (0.002 < 0.05), sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan tingkat miskonsepsi siswa SMA Negeri 4
Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 melalui pembelajaran kontruktivisme tipe Novick dan pembelajaran berbasis kontruktivis-
kolaboratif.
Kata kunci : Pembelajaran Kontruktivisme Tipe Novick, Pembelajaran Kontruktivis-Kolaboratif, Tingkat Miskonsepsi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.