STUDI KOMPARASI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK DAN KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF

Yunita Rahmawati, Baskoro Adi Prayitno, Meti Indrowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat miskonsepsi pada materi sistem ekskresi
siswa  kelas XI IPA SMA N 4 Surakarta tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kontruktivisme tipe
Novick dan pembelajaran konstruktivis-kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu  menggunakan Pre-
test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan  teknik pengambilan sampel secara purposive
sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013.  Teknik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda disertai CRI (Certanty of Response Index) dan lembar observasi. Uji
hipotesis penelitian menggunakan uji Anakova taraf signifikansi 5 % dengan skor  pre-test  sebagai kovariatnya. Hasil uji
hipotesis tingkat miskonsepsi siswa melalui pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dan konsruktivis kolabortif diperoleh nilai
p-value< 0,05 (0.002 < 0.05),  sehingga dapat dikatakan terdapat  perbedaan tingkat miskonsepsi siswa SMA Negeri 4
Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 melalui pembelajaran kontruktivisme tipe Novick dan  pembelajaran berbasis kontruktivis-
kolaboratif.
Kata kunci : Pembelajaran Kontruktivisme Tipe Novick, Pembelajaran Kontruktivis-Kolaboratif, Tingkat Miskonsepsi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.