PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DAN TTW (THINK, TALK, WRITE)

Lina Listiana

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad 21 ini, menuntut reformasi pendidikan untuk
menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, mampu bersaing dan memiliki kemampuan  intelektual seperti
kemampuan berpikir tinggi. Keterampilan berpikir menjadi sangat penting untuk dikembangkan dalam pendidikan kita. Upaya
meningkatkan keterampilan berpikir siswa dalam proses pembelajaran masih jauh dari harapan, hal ini antara lain disebabkan
kurangnya pemahaman para guru tentang hakekat keterampilan berpikir sehingga guru tidak termotivasi untuk merancang dan
mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir siswa. Salah satu alternative
strategi atau model pembelajaran yang mempromosikan keterampilan berpikir siswa yaitu dengan penerapan model kooperatif
tipe Group Investigatiaon  (GI) dan Think Talk Write  (TTW) dalam pembelajaran biologi. Kedua strategi ini memiliki kelebihan
dan kekurangan sehingga dapat saling melengkapi dalam aplikasinya. Pembelajaran biologi yang kontekstual menuntut siswa
untuk terampil dalam mengobservasi fenomena, mendeskripsikan, menganalisis, mensintesis, mampu memecahkan masalah,
dengan kemampuan berpikir  kritis  dan kreatif sehingga sampai pada membuat keputusan sebagai solusi masalah dalam
kehidupan nyata.
Kata kunci: Pembelajaran Biologi, Keterampilan Berpikir, Group Investigation, Think Talk Write.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.