ANALISIS KISI-KISI DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI TAHUN 2012-2013

Mita Ory Pakarti, Dwi Ari Budi Retnani, Sulistiono Sulistiono

Abstract

Salah satu kompetensi inti yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan Pemerdikna No. 16 Tahun 2007 tentang
Kualifikasi Akademik dan Standar Kompetensi Guru adalah mengembangkan instrument penilaian  dan evaluasi proses dan
hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kisi-kisi dan pengembangan instrument penilaian mata
pelajaran IPA  kelas IV di SD kota Kediri tahun 2012-2013. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kisi-kisi penilaian dan
pengembangan instrument penilaian yang terdapat pada RPP yang dibuat oleh guru IPA kelas IV di SD kota Kediri. Sampel
diambil secara acak sebanyak 15 RPP.  Parameter yang digunakan untuk menilai kisi-kisi  penilaian adalah kesesuaian antara
posedur dengan teknik penilaian,  jenis penilaian, alat penilaian, bentuk instrument,  dan kelengkapan komponen kisi-kisi
penilaian, sedangkan parameter yang digunakan untuk menilai instrument penilaian adalah kesesuaian antara instrumen
dengan indikator dan kisi-kisi penilaian serta kelengkapan instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas kisi-
kisi penilaian dan pengembangan instrument penilaian dalam RPP IPA kelas IV SD di Kota Kediri yang dibuat oleh guru masih
kurang baik.
Kata kunci: Analisis, Kisi-Kisi, Instrumen Penilaian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.