MENDORONG BERFIKIR ANALISIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATAKULIAH KONSERVASI DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN
Abstract
Perlu suatu inovasi pembelajaran pada matakuliah konservasi dan pengetahuan lingkungan, dalam upaya
mendorong kemampuan berpikir analisis mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi terhadap masalah lingkungan.
Mengingat lingkungan sekarang ini sudah banyak yang mengalami pencemaran, baik pencemaran udara, air dan tanah
serta terjadinya perubahan rona bumi akibat berbagai aktivitas manusia dalam rangka peningkatan kesejahteraan hidup.
Selama ini dalam melaksanakan pembelajaran konservasi dan pengetahuan lingkungan umumnya dosen cenderung
mengajarkan konsep-konsep tentang lingkungan. Selain itu sumber belajarnya lebih banyak berupa informasi verbal,
seperi diperoleh dari membaca buku. Berdasarkan hal itu maka dirancang suatu pembelajaran melaui penerapan model
pembelajaran investigasi kelompok berbasis pendekatan kontekstual pada matakuliah konservasi dan pengetahuan
lingkungan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong kemampuan berpikir analisis mahasiswa terhadap berbagai
masalah lingkungan, khususnya yang terjadi di kabupaten Tuban. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah
desain eksperimen One-Shot Case Study. Pelaksanaanya dengan cara memberikan perlakuan dalam pembelajaran
matakuliah konservasi dan pengetahuan lingkungan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2009
berupa pembelajaran investigasi kelompok berbasis pendekatan kontekstual. Selanjutnya diobservasi hasilnya berupa
kemampuan berpikir analisis dan pengetahuan mahasiswa terhadap masalah lingkungan. Indikator untuk kemampuan
analisis meliputi: kemampuan mengidentifikasi masalah lingkungan, kemampuan komunikasi lisan dan kemampuan
membuat laporan hasil investigasi. Sedangkan untuk melihat pengetahuan mahasiswa terhadap masalah lingkungan
indikatornya berupa nilai yang diperoleh dari hasil tes lisan. Hasilnya menunjukkan bahwa melalui penerapan model
pembelajaran investigasi kelompok berbasis pendekatan kontekstual, mampu mendorong kemampuan berpikir anal isis
dan pengetahuan mahasiswa terhadap masalah lingkungan. Khususnya masalah lingkungan di Kabupaten Tuban.
Kata Kunci: Berpikir Analisis, Mahasiswa, Pembelajaran Investigasi kelompok, Pendekatan Kontektual,
Lingkungan.
mendorong kemampuan berpikir analisis mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi terhadap masalah lingkungan.
Mengingat lingkungan sekarang ini sudah banyak yang mengalami pencemaran, baik pencemaran udara, air dan tanah
serta terjadinya perubahan rona bumi akibat berbagai aktivitas manusia dalam rangka peningkatan kesejahteraan hidup.
Selama ini dalam melaksanakan pembelajaran konservasi dan pengetahuan lingkungan umumnya dosen cenderung
mengajarkan konsep-konsep tentang lingkungan. Selain itu sumber belajarnya lebih banyak berupa informasi verbal,
seperi diperoleh dari membaca buku. Berdasarkan hal itu maka dirancang suatu pembelajaran melaui penerapan model
pembelajaran investigasi kelompok berbasis pendekatan kontekstual pada matakuliah konservasi dan pengetahuan
lingkungan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong kemampuan berpikir analisis mahasiswa terhadap berbagai
masalah lingkungan, khususnya yang terjadi di kabupaten Tuban. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah
desain eksperimen One-Shot Case Study. Pelaksanaanya dengan cara memberikan perlakuan dalam pembelajaran
matakuliah konservasi dan pengetahuan lingkungan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2009
berupa pembelajaran investigasi kelompok berbasis pendekatan kontekstual. Selanjutnya diobservasi hasilnya berupa
kemampuan berpikir analisis dan pengetahuan mahasiswa terhadap masalah lingkungan. Indikator untuk kemampuan
analisis meliputi: kemampuan mengidentifikasi masalah lingkungan, kemampuan komunikasi lisan dan kemampuan
membuat laporan hasil investigasi. Sedangkan untuk melihat pengetahuan mahasiswa terhadap masalah lingkungan
indikatornya berupa nilai yang diperoleh dari hasil tes lisan. Hasilnya menunjukkan bahwa melalui penerapan model
pembelajaran investigasi kelompok berbasis pendekatan kontekstual, mampu mendorong kemampuan berpikir anal isis
dan pengetahuan mahasiswa terhadap masalah lingkungan. Khususnya masalah lingkungan di Kabupaten Tuban.
Kata Kunci: Berpikir Analisis, Mahasiswa, Pembelajaran Investigasi kelompok, Pendekatan Kontektual,
Lingkungan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.