MENILAI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENGAMATAN LANGSUNG

Baiq Fatmawati

Abstract

Salah satu tujuan penilaian dalam pembelajaran adalah mengetahui kedudukan siswa di dalam kelas atau
kelompoknya, keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, penguasaan siswa terhadap pelajaran, serta ketepatan atau
keefektifan metode mengajar. Penelitian  ini difokuskan untuk menilai keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem
menggunakan pengamatan langsung sebagai metode pembelajaran. Populasi penelitian kelas X SMAN 1. Instrument penelitian
berupa tes  keterampilan proses sains  dalam bentuk essay yang berjumlah  13 soal, ke 13 soal tersebut mencakup indikator
keterampilan proses sains meliputi:1) observasi, 2) komunikasi, 3) interpretasi, 4) prediksi, 5) klasifikasi, 6) mengajukan
pertanyaan, 7) mengajukan hipotesis, dan 8) menerapkan konsep. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
nilai keterampilan proses pada kelas eksperimen kecuali pada indicator interpretasi (0,2), mengajukan pertanyaan(0,11),dan
menerapkan konsep (0,2).
Kata kunci:Keterampilan Proses Sains, Pengamatan Langsung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.