PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR BERBASIS LESSON STUDY UNTUK IDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR DAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DI PERKULIAHAN BIOLOGI SEL

Marheny Lukitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses berpikir mahasiswa dalam mendeskripsikan
masalah dan (2) kemampuan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah dalam bentuk kuis. Penelitian ini
dilakukan di IKIP PGRI Madiun pada Program Studi Biologi khususnya mata kuliah Biologi Sel. Sampel yang
digunakan adalah mahasiswa semester IIA dengan jumlah mahasiswa sebanyak 26 orang. Metode yang
dipergunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan refleksi pembelajaran
terhadap penggunaan jurnal belajar dan observasi langsung. Penelitian dilakukan sebanyak tujuh kali tatap
muka dengan kompetensi dasar mengacu pada mata kuliah Biologi Sel sesuai direncanakan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada tatap muka 1-3, mahasiswa masih belum menunjukkan pola pikir sistematis dengan
persentase 44,64%; 56,92%, dan 61,54%. Sedangkan mahasiswa menunjukkan proses berpikir sistematis
pada TM4-7 dengan persentase 73,85%; 76,19%; 79,22%; dan 83,85%. Sedangkan pemahaman konsep dari
setiap kali tatap muka berturut-turut adalah 50%; 38,46%; 11,54%; 53,85%; 50%; 69,23%; dan 76,92%.  
 
Kata Kunci:  Jurnal belajar, lesson study, proses berpikir, pemahaman konsep.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.