DESAIN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR MELALUI LESSON STUDY
Abstract
Belajar biologi adalah belajar tentang fenomena yang ada dan terjadi di alam sekitar melalui aktivitas
kegiatan ilmiah oleh peserta didik, sehingga cara belajar biologi yang tepat adalah dengan pembelajaran aktif
dan kontekstual. Pembelajaran aktif dan kontekstual dapat didesain oleh guru sebagai orang yang bertanggung
jawab dalam proses pembelajaran peserta didik dengan menerapkan teori dan prinsip pembelajaran aktif dan
kontekstual. Model pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) merupakan salah satu model
pembelajaran aktif dan kontekstual yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk mendesain pembelajaran di
kelas oleh peserta didik karena model pembelajaran EJAS merupakan model pembelajaran biologi yang
memberikan pengalaman langsung pada proses belajar peserta didik dan mengembangkan potensi
keterampilan dan sikap yang dimiliki mereka melalui proses pembelajaran. Guru perlu berkolaborasi dengan
rekan seprofesi dalam satu bidang studi melalui kegiatan lesson study untuk mendapatkan desain
pembelajaran yang efektif dan efisien untuk memudahkan belajar peserta didik dalam mendapatkan
pengetahuan dan pengembangan skill untuk menghadapi dan mensikapi perubahan masa depan.
Kata Kunci: Desain Pembelajaran Biologi, Lesson Study, Model Experiential Jelajah Alam Sekitar
kegiatan ilmiah oleh peserta didik, sehingga cara belajar biologi yang tepat adalah dengan pembelajaran aktif
dan kontekstual. Pembelajaran aktif dan kontekstual dapat didesain oleh guru sebagai orang yang bertanggung
jawab dalam proses pembelajaran peserta didik dengan menerapkan teori dan prinsip pembelajaran aktif dan
kontekstual. Model pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) merupakan salah satu model
pembelajaran aktif dan kontekstual yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk mendesain pembelajaran di
kelas oleh peserta didik karena model pembelajaran EJAS merupakan model pembelajaran biologi yang
memberikan pengalaman langsung pada proses belajar peserta didik dan mengembangkan potensi
keterampilan dan sikap yang dimiliki mereka melalui proses pembelajaran. Guru perlu berkolaborasi dengan
rekan seprofesi dalam satu bidang studi melalui kegiatan lesson study untuk mendapatkan desain
pembelajaran yang efektif dan efisien untuk memudahkan belajar peserta didik dalam mendapatkan
pengetahuan dan pengembangan skill untuk menghadapi dan mensikapi perubahan masa depan.
Kata Kunci: Desain Pembelajaran Biologi, Lesson Study, Model Experiential Jelajah Alam Sekitar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.