PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE CERAMAH DAN PRAKTIKUM PADA MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN I SEBALOR KEDIRI TAHUN 2012/2013

Desi Minatanti Dwi Pratiwi, Sulistiono Sulistiono, Dwi Ari Budiretnani

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
ceramah dan praktikum pada materi gaya kelas IV SDN 1 Sebalor Kec. Bandung Kab.Tulungagung.Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV A  berjumlah18 siswa diajar
dengan metode ceramah, dan kelas IV B berjumlah 15 siswa diajar dengan metode praktikum.Parameter yang
diukur adalah hasil belajar kognitif yang  didasarkan pada  skor hasil evaluasi setelah pembelajaran  satu
kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukkan,  bahwa rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang
diajar dengan metode praktikum  adalah  84,533dan  93%  lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar
menggunakan metode ceramah  sebesar 70,833 dan 72% .
 
Kata kunci: metode praktikum, metode ceramah dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.