PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE CERAMAH DAN PRAKTIKUM PADA MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN I SEBALOR KEDIRI TAHUN 2012/2013
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
ceramah dan praktikum pada materi gaya kelas IV SDN 1 Sebalor Kec. Bandung Kab.Tulungagung.Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV A berjumlah18 siswa diajar
dengan metode ceramah, dan kelas IV B berjumlah 15 siswa diajar dengan metode praktikum.Parameter yang
diukur adalah hasil belajar kognitif yang didasarkan pada skor hasil evaluasi setelah pembelajaran satu
kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang
diajar dengan metode praktikum adalah 84,533dan 93% lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar
menggunakan metode ceramah sebesar 70,833 dan 72% .
Kata kunci: metode praktikum, metode ceramah dan hasil belajar.
ceramah dan praktikum pada materi gaya kelas IV SDN 1 Sebalor Kec. Bandung Kab.Tulungagung.Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV A berjumlah18 siswa diajar
dengan metode ceramah, dan kelas IV B berjumlah 15 siswa diajar dengan metode praktikum.Parameter yang
diukur adalah hasil belajar kognitif yang didasarkan pada skor hasil evaluasi setelah pembelajaran satu
kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang
diajar dengan metode praktikum adalah 84,533dan 93% lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar
menggunakan metode ceramah sebesar 70,833 dan 72% .
Kata kunci: metode praktikum, metode ceramah dan hasil belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.