STIMULASI BELAJAR MANDIRI MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH PLANT EMBRYOLOGY AND REPRODUCTION (SBI PROGRAM) DI PRODI P. BIOLOGI FKIP UNS

Riezky Maya Probosari

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) implementasi  bahan ajar berbasis masalah  dalam merangsang kemandirian belajar mahasiswa pada   mata kuliah Plant Embryology and Reproduction, 2) penggunaan bahan ajar berbasis masalah  dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa  pada mata kuliah Plant Embryology and Reproduction

Penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi identifikasi permasalahan yang ada di kelas, perencanaan tindakan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan tindakan berupa penerapan bahan ajar berbasis masalah, observasi dan evaluasi, serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 4 program SBI di Prodi P. Biologi UNS tahun ajaran 2009/2010 sejumlah 21 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode  observasi, wawancara, angket, tes dan kajian dokumen.Validitas data dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan,  secara umum didapatkan bahwa pada akhir siklus 2,  prosentase mahasiswa yang lulus sebesar 100% dengan prosentase nilai A dan B.  Penelitian dinyatakan selesai pada akhir siklus 2 karena indikator kinerja yang diharapkan  yaitu jumlah mahasiswa yang lulus minimal sebesar 80%  dengan prosentase mahasiswa yang memperoleh nilai diatas B sebesar 66,67%,  meningkatnya kemandirian belajar dan keaktifan mahasiswa serta meningkatnya performansi mengajar dosen di mata mahasiswa sudah tercapai.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah 1) bahan ajar berbasis masalah  dapat merangsang kemandirian belajar mahasiswa 2) penggunaan bahan ajar berbasis masalah  dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa   baik dalam pencarian sumber belajar maupun partisipasi  dalam pembelajaran.

 

Kata kunci :  bahan ajar,  berbasis masalah, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.