PENGEMBANGAN BERBAGAI TIPE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Novita Kartika Indah, Herlina Fitrihidajati, Endang Susantini

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dususn dengan pijakan rendahnya nilai UAN dan resahnya guru mengahdapi UAN serta rendanya taraf berpikir kritis siswa pada bidang IPA. Jika proses pembelajaran biologi khususnya dan sain pada umunya dikelola dengan baik, maka akan diperoleh hasil belajar yang baik. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, salah satu di antaranya partisipasi aktif siswa, seperti menyampaikan ide, mengajukan pertanyaan, dan menjawab pertanyaan. Kesempatan partisipasi sulit diperoleh setiap siswa jika pembelajaran diselenggarakn secara klasikal. Siswa yang mempunyai keberanian dan pandai dalam mengemukakan pendapat selalu aktif mendominasi kelas. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang memberi kesempatan kepada seluruh siswa agar berpartisipasi. Salah satu cara yang dapat meningkatkan partisipasi seluruh siswa adalah membentuk siswa dalam kelompok koperatif.

Tujuan penelitian ini adalah menyusun perangkat pembelajaran biologi berbasis pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT, dan TPS dan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang telah disusun

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengikuti tahap-tahap Four D Models yang terdiri atas Define, Design, Develop, dan Disseminate.  Namun, pada tahap Disseminate belum dilakukan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan tipe pembelajaran kooperatif tipe STAD , NHT, dan TPS masing-masing dikembangkan empat RPP sesuai jumlah materi sehingga jumlah keseluruhan 12 RPP.  Buku Siswa sebanyak empat materi yaitu Ekosistem, Daur Biogeokomia, Pencemaran Lingkungan, dan Pelestarian Lingkungan. Lembar Kerja Siswa  sebanyak 3 tipe kooperatif  yaitu STAD, NHT, dan TPS masing-masing terdiri dari 5 LKS sesuai materi yang ada dan LKS sesuai setiap model pembelajaran kooperatif. Jadi jumlah keseluruhan 15 LKS. Lembar Tes Hasil Belajar dan Kunci yang tertulis dalam bentuk kisi-kisi lembar penilaian. Berhasil dikembangkan 18 soal yang berbasis berpikir kritis. Pada dasarnya perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada standar  BSNP. Hasil pengembangan perangkat berkategori sangat baik dengan kata lain perangkat yang disusun peneliti yang terdiri dari RPP, buku siswa, dan LKS  serta tes hasil belajar layak untuk diujicobakan. Hasil validasi RPP memperoleh  3,88 berkategori sangat baik , buku siswa memperoleh nilai  3,5 berkategori sangat baik , dan LKS memperoleh nilai 3,66 berkategori sangat baik, dan yang terakhir tes hasil belajar validasinya juga berkategori sangat baik.

 

Kata kunci : perangkat pembelajaran, kooperatif, berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.