PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP EMBRIOLOGI HEWAN MAHASISWA PRODI P.BIOLOGI FKIP UNS

Harlita Harlita, Riezky Maya Probosari

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian  untuk mengetahui apakah penggunaan jurnal belajar  dapat meningkatkan penguasaan konsep  embriologi hewan mahasiswa prodi P. Biologi FKIP UNS.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dimulai dengan identifikasi permasalahan yang ada di kelas. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran melalui penerapan penggunaan jurnal belajar metakognisi, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, analisis serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI Prodi P. Biologi  Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kualitas pembelajaran dilihat dari penguasaan konsep mahasiswa. Refleksi belajar mahasiswa diukur menggunakan angket, sedangkan penguasaan konsep mahasiswa diukur melalui tes kognitif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jurnal belajar metakognisi dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam mata kuliah Embriologi Hewan. Hal ini  terbukti dengan meningkatnya mahasiswa yang mendapat nilai A dan B,  dengan prosentase nilai A dan B sebesar 80%.

 

Kata kunci: jurnal belajar, penguasaan konsep, embriologi Hewan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.