PENINGKATAN KEAKTIFAN DISKUSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PRINSIP ARCS PADA KELAS RSBI (RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL)

Meti Indrowati, Harlita Harlita, Alvi Rosyidi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan keaktifan diskusi siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan prinsip Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction ARCS di kelas RSBI sebagai sebuah bentuk inovasi pembelajaran.

Penelitian merupakan Classroom Action Research dilakukan di dua lokasi dengan dua inovasi pembelajran berbeda tetapi masing-masing menerapkan prinsip ARCS dalam komponen-komponennya.  Kedua lokasi yaitu 1)kelas RSBI SMA Negeri 1 Surakarata melalui penerapan prinsip ARCS dalam pembelajaran aktif tipe cardsort dan 2)kelas RSBI SMA MTA Surakarta dengan penerapan ARCS disertai LKS.  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.  Data berupa hasil observasi, wawancara, angket keaktifan diskusi siswa dan angket performance guru.  Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip ARCS di kelas RSBI dpat meningkatkan keaktifan diskusi siswa. Besar peningkatan rata-rata 3.19% dari siklus I 73.12% ke siklus II  76.41%.

 

Kata kunci : ARCS, keaktifan diskusi, RSBI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.