Profil Hands On Activity pada Mata Kuliah Mikroteknik di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS

Dewi Puspita Sari, Umi Fatmawati, Riezky Maya Prabasari

Abstract

Pengalaman belajar pada perkuliahan mikrotenik menekankan pada kemampuan mahasiswa untuk bekerja dan mengelola kegiatan praktek di laboratorium. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi semester 5 pada judul kuliah preparasi embedding dengan tujuan untuk mengidentifikasi aktivitas hands on activity. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah optimalisasi hands on activity dan inquiry labs skills, sehingga selain mempunyai gambaran konkrit dari konsep yang dipelajari, mahasiswa juga mampu menerapkan konsep dalam kehidupan riil. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Anatomi Tumbuhan, Anatomi Hewan  dan Mikrobiologi Gedung D lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Berdasarkan hasil wawancara dari dosen pengampu dan mahasiswa yang menempuh perkuliahan mikroteknik diperoleh kesimpulan diantaranya adalah (1) dijumpai permasalahan pada tahap merencanakan praktikum preparasi embeding hewan maupun tumbuhan, (2) kemampuan dan pengetahuan yang masih minim dari para praktikan tentang prosedur kerja beserta pengenalan dan penggunaan alat dan bahan, (3) kelemahan dalam penganalisaan hasil preparasi awetan histologis. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan dapat diidentifikasi bahwa kemapuan hands on activity pada praktikan sudah terlihat baik namun masih dibutuhkan adanya (1) dasar pengetahuan yang kuat tentang materi dan teknik yang akan dipelajari, (2) arahan dan ujuk kerja yang lebih terstruktur dan ringkas, (3) laboratory skills dalam rangka pembuatan,pengoperasiaan, penggunaan alat maupun bahan sehingga terjamin keamanan pribadi dan lingkungan (4) kemauan individual untuk berkembang dan mencoba lagi jika menemui kegagalan,dan (5) peningkatan hard skills dan soft skills dalam konteks penalisisan hasil pengamatan. Hasil penelitian ini selanjutnya akan dijadikan pertimbangan pemilihan model, strategi dan teknik pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hands on activity pada mahasiswa.

Key Word         : Hands on activity, Mikroteknik, Laboratorium, Embedding.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.