Pra-Intervensi Pengembangan Model Perkuliahan Kimia Organik Bahan Alam berbasis Etno-Brainsttorming Problem Solving Decision Making (E-BPSDM), Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Riset Mahasiswa Dalam Mengelola Sda Papua dan Mencegah Sikap Plagiat

Florida Doloksaribu, Lusia Narsia Amsad

Abstract

Tenaga pendidik di perguruan tinggi sebagai pilar yang diharapkan membangun kualitas penelitian, sudah seharusnya memiliki tanggung jawab yang tinggi pada permasalahan yang dihadapi bangsa ini. Permasalahan ketidak orisinalan penelitian pada tingkat mahasiswa sangat banyak ditemukan. terkadang pihak dosen tidak menganalisis secara seksama keorisinalan penelitian mahasiswa bimbingannya.  Para mahasiswa sebagai insan peneliti sedini mungkin dapat dicegah agar terhindar dari sikap-sikap plagiat. Oleh karena itu perlu mengembangkan suatu model perkuliahan yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir riset mahasiswa dari konteks mata kuliah yang diembannya. Salah satu keuntungan bagi universitas Cenderawasih adalah melimpahnya sumber daya bahan alam yang sangat potensial untuk diteliti. Model perkuliahan kimia bahan alam sering tidak memberikan kontribusi bagi pengembangan penelitian dilingkungan pendidikan kimia, karena sebahagian besar topikk-topik penelitian, bahan eksperimen laboratorium mahsiaswa tidak mendukung adanya penelitian yang unggul dibidang kimia bahan alam yang seharusnya dapat bermanfaat bagi pelaksanaan perkuliahan. Berdasarkan situasi dan kondisi perkuliahan,  permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan khususnya bidang penelitian, kekurang mampuan meneliti oleh insan peneliti (khususnya mahasiswa), dan kelimpahan sumber daya potensi penelitian, maka tim peneliti ingin menegmbangkan suatu model perkuliahan dibidang kimia bahan alam yang berbasis etno-brainstorming problem solving decision making (E-BPSDM) untuk dapat meningkatkan berpikir riset pada mahasiswa, dan mencegah sikap plagiat. Pemilihan mata kuliah kimia organik bahan alam sebagai konteks materi penelitian ini, didasarkan pada kelimpahan sumber daya bahan alam berhasiat  Papua, untuk diangkat menjadi bahan acuan pengembangan berpikir riset mahasiswa, melalui pengembangan bahan ajar kimia organik bahan alam berbasis indikator berpikir E-BPSDM, sebagai buku acuan perkuliahan. Memberikan tugas-tugas dengan melakukan penelusuran bahan alam berkhasiat  Papua dengan pendekatan-pendekatan etnosains pada masyarakat pemegang hak wilayat. Dalam hal ini semua perangkat intervensi untuk pengembangan model perkuliahan KOBA berbasis EBPSDM seperti instrumen pemahaman konsep, kuesioner, dan bahan lieratur telah tervalidasi dan layak untuk dilanjutkan pada tahap intervensi.

Keywords:      Pengembangan model perkuliahan, Kimia Organik Bahan alam, E-BPSDM.

Full Text:

PDF

References

Arnold,J.(1978). The Seven Building Blocks to Better Decisions. New York: AMACON.Tersedia File:///D:/Berpikir/tingkat/tinggi_files. [27 Des 2011]

Bransford,J.& Stein,B(1984).The Ideal Problem Solver. New York: W.H Freeman.

De Bono,E.,(2007).How to Have Creative Ideas: 62 Exercise to Develop the Mind.London: Vermillion.Google Books.

Doloksaribu Florida. 2014. Model Rekonstruksi Didaktis Bahan Ajar Penelitian Laboratorium Konteks Lempung, berbasis PSDM. Edusain Jurnal, Vol.VI.ISSN 1979.UIN.Jakarta

Doloksaribu & Kameubun,2015. Pengembangan Model dan Modul Perkuliahan Etnobotani Bahan Alam Berbasis Research Thinking Brainstorming, Pada Mahasiswa pendidikan berlatar Kimia –Biologi UNCEN. Prosiding. Seminar Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. SPS.UPI

Drucker, P. (2002). The Element of Decision Making : Effectiveness Must be Learned. Author Books by Peter Drucker Copyright. Harpercollins Publishers ltd.Australia,Canada, New Zeland, UK, USA.

Duit, R., Harald, G., Kattmann, U., Komorek, M., and Ilka, P., (2012) ” The Model of Educational Reconstruction-A Framework for Improving Teaching and Learning Science” Science Education Research and Practice in Europe.

Huit, W. (1992).”Problem Solving and Decision Making: Consideration of Individual Differences Using the IMBT”. Journal of Psychological Type. 24, 33-34.

Jones, D. (2010). What Kind of Thinking is Design Thinking? Just Knowledge.Sydney.Australia.[Online].Tersedia: http://www.dab.uts.edu.au / research/ DTRS8-jones.pdf [15 Des. 2011].

Jubi Papua, 2012. Kondisi Pendidikan di Papua Memprihatinkan. Tabloid Namara. (2011) M.C.Problem Solving and Decision making. [Online]. Tersedia http://namara.org/personalproductivity/problem-solving.htm [20 January 2012].

Nurcahyani Elly, 2011. Permasalahan Pendidikan di Indonesia dan Solusinya. [Online] Tersedia : http:// elearning unesa.ac.id/

Richmond, 2003. Brainstorming. . [Online] Tersedia: http://writing.edu/wweb.html. UNC College of Art & Science. Terakses 2 Agustus 2013.

Salmi (2009). 3 pokok utama menjadi Themes Higher education supplement (THES). Education World Rank.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.