Pewarisan Pengetahuan dan Keterampilan Identifikasi Keanekaragaman Tanaman Padi Lokal pada Generasi Muda Kasepuhan Adat Banten Kidul

Himalaya Wana Kelana, Topik Hidayat, Ari Widodo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pewarisan pengetahuan masyarakat (indigenous knowledge) dan keterampilan identifikasi tentang keanekaragaman tanaman padi lokal yang berlandaskan kearifan lokal (local wisdom) pada siswa yang berasal dari Kasepuhan Adat Banten Kidul di SMA Negeri 1 Cisolok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Objek dan subjek penelitian ditentukan secara purposive. Subjek penelitian delapan siswa SMA Negeri 1 Cisolok yang berasal dari kasepuhan dan key informant yang terdiri dari ketua adat, juru bicara kasepuhan, rorokan pamakayaan (juru pertanian) dan baris kolot (sesepuh). Penentuan pewarisan pengetahuan dan keterampilan identifikasi keanekaragaman tanaman padi lokal ditentukan berdasarkan pada jalur pewarisan pengetahuan yang dapat berlangsung secara vertikal (orangtua-anak), horizontal (anak-anak) dan oblique (generasi sebelumnya-anak) melalui indepth interview, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pewarisan pengetahuan tanaman padi lokal pada siswa kasepuhan berlangsung secara vertikal yaitu dari orangtua keanaknya secara informal dan berlangsung seumur hidup. Masyarakat kasepuhan mengelompokkan varietas padi lokal dengan cara klasifikasi masyarakat (folk classification) berdasarkan dari morfologi luar seperti warna bulir, bentuk bulir, keberadaan bulu pada ujung bulir.. 

Kata kunci:   Pewarisan pengetahuan, indigenous knowledge, kearifanlokal, keanekaragaman tanaman padi lokal, folk classification, Kasepuhan Adat Banten Kidul

Full Text:

PDF

References

Adimihardja, K. (1992). Kasepuhan yang Tumbuh di Atas yang Luruh (Pengelolaan Lingkungan secara Tradisional di Kawasan Gunung Halimun Jawa Barat). Tarsito: Bandung.

Alwasilah, A.C., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogi (Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru). Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat. (2014). Leuit, Kearifan Lokal dalam Ketahanan Pangan. Tersedia [Online]. http://bkpd.jabarprov.go.id/leuit-kearifan-lokal-dalam-ketahanan-pangan [28 Oktober 2015]

Firdaus, Y. R. (2013). Sikap Konservasi Siswa kampung Tradisional Cikupa dan Kampung Adat Sinar Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Skripsi pada Sarjana FPMIPA UPI Bandung.

Food and Agriculture Organization. (1996). Country Report on The State of Plant Genetic Resources for Food and Agriculture (Second Report). Tersedia [Online]: http://www.fao.org/docrep/013/i1500e/Indonesia.pdf (9 Juli 2016).

Henderson, F., Vandebroek,I., Balick, M. J.& Kennely,E. J. (2012). “Ethnobotanical Research Skills for Students of Underrepresented Minorities in STEM Disciplines”. K@ta:Ethnobotany Research & Applications, (10), pp. 389-402.

Leksono, S. M., (2010). “Konservasi Keanekaragaman Hayati Padi Lokal oleh Masyarakat Adat Kasepuhan Banten Kidul di Sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun”. Biodidakta, V(1), 9-18

Leksono, S. M., (2015). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Konservasi Berbasis Etnopedagogi. Jurnal Kependidikan, 45(2), 168-163

Mboy, F. N. B. (2014). Pewarisan Pengetahuan dan Inventarisasi Etnobiologi dalam Bidang Pertanian di Kampung Adat Sinar Resmi. Skripsi pada Sarjana FPMIPA UPI Bandung.

O’Brien, C. M. (2010). Do They Really “Know Nothing”? An Inquirry Into Ethnobotanical Knowledge of Students In Arizona,USA. K@ta: Ethnobotany Research & Applications, (8),pp. 35-48

Rahmawati, et al., (2008). “Pengetahuan Lokal Masyarakat Adat Kasepuhan: Adaptasi, Konflik dan Dinamika Sosio-Ekologis”. Jurnal Transdisiplin sosiologi, komunikasi dan ekologi manusia, 2(2) pp151-190.

Reyes-Garcia, et al. (2009). “Cultural Transmission of Ethnobotany Knowledge and Skills: an Empirical Analysis from an Amerindian Society”. K@ta:Evolution and Human Behavior, (30), pp. 274-285.

Surtikanti, H. K. (2015). Perkuliahan Ekologi Manusia [23 Oktober 2015].

Suryadarma, IGP. (2008). Diktat Kuliah Etnobotani. Jurusan Pendidikan FPMIPA UNY.

Trombulak et al. (2004). “Principles of Conservation Biology: Recommended Guidelines for Conservation Literacy from the Education Committee of the Society for Conservation Biology”. Conservation Education.18(5), 1180-1190..

Refbacks

  • There are currently no refbacks.