Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquary Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual, Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Smp Dan Sma Di Propinsi Kalimantan Timur

Makrina Tindangen, Vandalita Vandalita

Abstract

Penyebab  utama permasalahan  kegiatan pembelajaran selama ini baik yang terjadi pada mata pelajaran IPA di SMP dan mata pelajaran biologi di SMA  adalah  kegiatan praktikum yang dilaksanakan sebagai bagian dari pembelajaran tidak pernah diterapkan sebagai bagian dari tahapan  kegiatan pembuktian hipotesis, padahal tahapan ini  merupakan  salah satu tahapan  dalam sintaks model pembelajaran inkuiri.  Jadi permasalahan utama pembelajaran yang terjadi di sekolah adalah kegiatan pembuktian melalui  kegiatan praktikum dipisahkan sebagai bagian dari tahapan sintaks model pembelajaran inkuiri. Akibatnya pembelajaran yang terjadi selama ini tidak dapat memfasilitasi peningkatan kemampuan konseptual dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian adalah mengembangankan perangkat model pembelajaran berbasis inkuiri (inqary based learning), untuk digunakan guru memfasilitasi peningkatan pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian tahun pertama merupakan penelitian sebagai analisis kebutuhan  terkait permasalahan dan upaya guru mengatasi permasalahan terkait perangkat model pembelajaran berbasis inkuiri, yang merupakan tahapan pertama dalam penelitin pengembangan. Teknik analisis data untuk tahapan pertama analisis kebutuhan menggunakan analisis deskriptif melalui pengkategorisasian dan tabulasi serta diagram batang, selanjutnya didakan interpretasi. Hasil penelitian diperoleh permasalahan guru terkait perencanaan dan pelaksanaan perangkat pembelajaran terletak pada silabus, RPP, materi ajar, LKS, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Terkait upaya mengatasi permasalahan dalam perencanaan dan pelaksanaan perangkat pembelajaran model pembelajaran berbasis inkuiri  (inquary based learning) sangat kurang efektif karena belum melakukan upaya.

Keywords:        Inquary based learning, kemampuan konseptual,  pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References

Afiyadi, (2012). Model Pembelajaran Inkuiri. http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/inkuiri.html di akses padatanggal 31 November 2015.

Gagne, R,M. (1984). Kondisi Dan Teori Pembelajaran. Terjemanahan munandir. Jakarta

Galbreaht, J. (1999). Preparing The 21th Study Inquary. Educational tecnologi

Liliasari. (2001). Model Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru sebagai Kecenderungan Baru pada Era Globalisasi. Jurnal Pengajaran MIPA. 2(1). Hlm. 55-56

Mohan, Ridha. Inquiri Models Of Teaching, artikel diakses dari http://books.google.co.id/books. 10 mei 2015

Mulyani, S. Johar P. (1998/1999). Strategi Belajar Mengajar. Proyek PGSD DITJEN DIKTI DEPDIKBUD.

Nurhani. (2014). Penerapan Model Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP Lempu. Jurnal kreativ tadulako online. Vol.4 no.2 ISSN 2354-614X

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suwono, Hadi. (2011). Inkuiri Mengajar. http://hadisuwono.blogspot.co.id/2011/01/inkuiri mengajar.html di akses pada tanggal 31 november 2015.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:prestasi pustaka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.