Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquary Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual, Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Smp Dan Sma Di Propinsi Kalimantan Timur
Abstract
Penyebab utama permasalahan kegiatan pembelajaran selama ini baik yang terjadi pada mata pelajaran IPA di SMP dan mata pelajaran biologi di SMA adalah kegiatan praktikum yang dilaksanakan sebagai bagian dari pembelajaran tidak pernah diterapkan sebagai bagian dari tahapan kegiatan pembuktian hipotesis, padahal tahapan ini merupakan salah satu tahapan dalam sintaks model pembelajaran inkuiri. Jadi permasalahan utama pembelajaran yang terjadi di sekolah adalah kegiatan pembuktian melalui kegiatan praktikum dipisahkan sebagai bagian dari tahapan sintaks model pembelajaran inkuiri. Akibatnya pembelajaran yang terjadi selama ini tidak dapat memfasilitasi peningkatan kemampuan konseptual dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian adalah mengembangankan perangkat model pembelajaran berbasis inkuiri (inqary based learning), untuk digunakan guru memfasilitasi peningkatan pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian tahun pertama merupakan penelitian sebagai analisis kebutuhan terkait permasalahan dan upaya guru mengatasi permasalahan terkait perangkat model pembelajaran berbasis inkuiri, yang merupakan tahapan pertama dalam penelitin pengembangan. Teknik analisis data untuk tahapan pertama analisis kebutuhan menggunakan analisis deskriptif melalui pengkategorisasian dan tabulasi serta diagram batang, selanjutnya didakan interpretasi. Hasil penelitian diperoleh permasalahan guru terkait perencanaan dan pelaksanaan perangkat pembelajaran terletak pada silabus, RPP, materi ajar, LKS, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Terkait upaya mengatasi permasalahan dalam perencanaan dan pelaksanaan perangkat pembelajaran model pembelajaran berbasis inkuiri (inquary based learning) sangat kurang efektif karena belum melakukan upaya.
Keywords: Inquary based learning, kemampuan konseptual, pemecahan masalah
Full Text:
PDFReferences
Afiyadi, (2012). Model Pembelajaran Inkuiri. http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/inkuiri.html di akses padatanggal 31 November 2015.
Gagne, R,M. (1984). Kondisi Dan Teori Pembelajaran. Terjemanahan munandir. Jakarta
Galbreaht, J. (1999). Preparing The 21th Study Inquary. Educational tecnologi
Liliasari. (2001). Model Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru sebagai Kecenderungan Baru pada Era Globalisasi. Jurnal Pengajaran MIPA. 2(1). Hlm. 55-56
Mohan, Ridha. Inquiri Models Of Teaching, artikel diakses dari http://books.google.co.id/books. 10 mei 2015
Mulyani, S. Johar P. (1998/1999). Strategi Belajar Mengajar. Proyek PGSD DITJEN DIKTI DEPDIKBUD.
Nurhani. (2014). Penerapan Model Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP Lempu. Jurnal kreativ tadulako online. Vol.4 no.2 ISSN 2354-614X
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Suwono, Hadi. (2011). Inkuiri Mengajar. http://hadisuwono.blogspot.co.id/2011/01/inkuiri mengajar.html di akses pada tanggal 31 november 2015.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:prestasi pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.