Keterlaksanaan Penilaian Autentik dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Biologi SMA

Etika Dyah Puspitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan keterlaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran biologi; (2) mengetahui adanya korelasi antara keterlaksanaan penilaian autentik dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Data diperoleh dari lima guru biologi dan 190 siswa kelas X di SMA Negeri Kabupaten Sleman. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta Uji Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan penilaian autentik masuk dalam kategori baik dengan dua sekolah kategori sangat baik, dua sekolah kategori baik dan satu sekolah kategori kurang baik; (2) tidak ada korelasi yang signifikan antara keterlaksanaan penilaian autentik dan hasil belajar siswa.

Keywords:        penilaian autentik, hasil belajar, biologi

Full Text:

PDF

References

Abrory, M. (2013). Evaluasi Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika SMP Negeri kelas Vii di Kabupaten Sleman. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Balik, I.W. (2012). Pengaruh implementasi asesmen autentik terhadap prestasi belajar matematika dan motivasi berprestasi. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Ganesha. Pasca. Diambil pada tanggal 5 Desember 2014, dari http://www.undiksha.ac.id/e-journal/index.p

Cumming, J.J & Maxwell, G.S. (1999). Contextualising authentic assessment. Assessment in Education: Principles, Polices and Practices. 6(2), 177-194

Gulikers, J.T.M., Bastiaens, T.J, & Kirschner, P.A. (2004). A Five-Dimensiional framework for Authentic Assessment. Educational Technology, Research and Development; 52(3); ProQuest: 67.

Herrington, J. & Herrington, A. (2006). Authentic condition for authentic assessment: Aligning task and assessment, incritical vision. Proceedings of the 29th HERDSA Annual Conference, Western Australia, 146-151.

Johnson, R.S., Mims-Cox, J.S., & Nichols, A.D. (2010). Developing portofolios in education (a guide to reflection, inquiry and assessment) 2nd edition. California: Sage Publications, Inc.

Kemendikbud. (2013). Panduan Pelaksanaan Pengimbasan Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013) (Edisi Revisi). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Kusmijati, N. 2014. (2014). Penerapan penilaian autentik sebagai upaya memotivasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM UMP. Purwokerto, 55-62

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta : Mitra Cendekia Press.

Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014, tentangPedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik.

Mueller, J. (2006). Authentic Assessment. North Central College. Diakses pada http://jonatan.muller.faculty.noctrl.edu/toolbox/whatisist.htm tanggal 5 Desember 2014

Pantiwati, Y. (2013). Authentic assessment for improving cognitive skill, critical-creative thinking and meta-cognitive awareness. Journal of Education and Practice, 4(14), 1-9.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Stiggins, R.J. (2002). Assessment Crisis: the absence of assessment for learning. Kappan Professional Journal. [versi elektronik]. Diakses pada tanggal 5 Desember 2014 dari http://www.pdkintl.org/kappan/k0206sti.htm

Stiggins, R.J. (2005). Form Formative Assessment to Assessment for learning: a path to success in standards-based schools. Phi Delta Kappan, 87 (4) 324-328

Subali, B. (2012). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : UNY Press.

Wiggins, G. (1990). The Case for Authentic Asessment. ERIC Digest ED238611 (online).Available:http://www.ed.gov/databases/ERIC_Digests/ed238611.html

Wijayanti, E., & Mundilarto, M. (2015). Pengembangan instrumen asesmen diri dan teman sejawat kompetensi bidang studi pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 129-144.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.