Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran IPA Melalui Kerja Ilmiah

Nurul Hidayati

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia masih rendah, kondisi saat ini kemampuan siswa Indonesia di bidang sains berada pada peringkat 48 dari 56 negara, di bidang matematika berada pada peringkat 50 dari 57 negara dan kemampuan memecahkan masalah berada pada peringkat 39 dari 40 negara. Meskipun kondisi saat ini kemampuan siswa Indonesia masih rendah, namun guru seyogyanya bahkan segera mengurangi kemampuan siswa di bidang kognitif rutin, dan manual rutin, akan tetapi ditingkatkan di bidang berpikir tingkat tinggi dan komunikasi kompleks. Penelitian deskriptif ini bertujuan menjelaskan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Tsanawiyah melalui kerja ilmiah. Subyek penelitian adalah siswa MTsN Barabai kelas VIIA tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 40 orang. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 11-30 Mei 2015 yang bertempat di MTs Negeri Barabai. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian  ini meliputi a) Data hasil belajar kognitif produk, b) Data hasil belajar kognitif  proses, c) Data hasil keterampilan berpikir kritis siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan rubric keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian diperoleh 1) keterampilan berpikir kritis dengan kategori baik adalah a) merumuskan masalah, b) merumuskan hipotesis, c) merancang percobaan, dan d) melakukan pecobaan. Keterampilan berpikir kritis yang belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan yakni a) menganalisis data dan b) membuat kesimpulan. Ketuntasan klasikal hasil belajar telah tercapai, baik kognitif produk maupun kognitif proses, dan ada korelasi sesamanya..

Kata kunci:        hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, kerja ilmiah

Full Text:

PDF

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Ayatus’adah.( 2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Daur Ulang Sampah dan Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di SMA. Tesis Tidak Dipublikasikan. Banjarmasin: Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat.

Cappuccino, J. G. dan Sherman, N. (1983). Microbiology-Laboratory Manual. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Johnson, D.W. dan Johnson, R. T. (2002). Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.

Facione, P. A. (1998). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae, CA: The California Academic Press.

Hidayati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-Biologi Di Madrasah Tsanawiyah. Kumpulan Abstrak Seminar Nasional tanggal 26 Maret 2016. Malang: UMM.

Irhayana, H. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Akademik Siswa terhadap Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Tesis. Malang: Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Khafidzin, Sy. (2012). Efektivitas Penerapan Metode PBI (Problem Based Instruction) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk hidup Dengan Pendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) pada Siswa kelas VIII. Tesis Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

King, F.J. (1997). High Order Thinking Skills, Definition, Teaching Strategies, Assessment. Educational Services Program.http://www.cala.fsu.edu diakses tanggal 10 Januari 2012.

Miranda, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat terhadap hasil belajar keanekaragaman hayati siswa SMA. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpar 17 Desember 2014

Muspita, Z., Lasmawan, & Sariyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Myrna R., Evi S., Suwondo. (2015). Pengembangan LKS Materi Pokok Energi dalam Sistem Kehidupan di Kelas VII SMP dengan Pendekatan Ilmiah untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2(2) . Universitas Riau.

Neneng, L. (2014) Pemanfaatan Biodiversitas Lokal untuk Menunjang Praktikum Biologi pada Sekolah lanjutan di Kalimantan Tengah. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpar 17 Desember 2014.

Nur, M., Nasution, S., dan Suryanti, (2013). Berpikir Kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Surabaya Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

Nur, M. (2011). Modul Keterapilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Nur, M. (2013). Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) UNESA

Nurfitria, L., (2006). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Konsep Lingkungan Melalui Pendekatan Sets Dengan Model PBI Di SMA Masehi 1 Psak Semarang. Tesis Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Reddington, D., (2012). Developing Critical Thinking Skills in the ABE Classroom. Bureau of Adult Education Mini-Grant.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Rahmadani, St. (2015). Pengembangan Panduan praktikum Biologi dan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA Kelas XI. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA. 1 (2 Juli 2015).

Subamia, I D. P. (2014). Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berorientasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 47, 1, April 2014.

Wasis. (2015). “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013”. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 Surabaya, 24 Januari 2015. Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Zaini, M. dan Asnida, D.J. (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA- Biologi Berorientasi Hutan Mangrove untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. 134-141.

Zaini, M. (2010). Pentingnya Bersahabat dengan Alam untuk Mengembalikan Keanekaragaman Hayati Lingkungan Lahan Basah di Kalimantan Makalah seminar Diselenggarakan dalam Rangka Gebyar Sains Pendidikan Biologi HIMBIO FKIP Unlam Banjarmasin tanggal 8-13 Pebruari 2010.

Zaini, M.. (2014). Menggunakan Lahan Basah untuk Mengajar Konsep- konsep Biologi & Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Landasan, Jurnal Ilmiah Kependidikan da Kemasyarakatan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.