Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach Di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman

Muhammad Joko Susilo

Abstract

Guru sebagai pemegang kendali dalam proses belajar mengajar mempunyai kewajiban untuk menstransfer ilmu, tidak hanya mentransfer ilmu guru juga berkewajiban mendidik, mengajar, mengarahkan, membimbing, menilai, dan mengevaluasi. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan ketercapaian pembelajaran guru IPA biologi berbasis scientific approach di SMP Muhamamdiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah guru IPA biologi di SMP Muhammadiyah 2 Depok Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah keterlaksanaan komponen-komponen scientific approach pada pembelajaran biologi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) pelaksanaan pembelajaran oleh guru biologi telah mencakup 3 ranah yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dan dikategorikan; 2) pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis scientific approach diperoleh : aspek mengamati 88,89% dikategorikan baik, aspek menanya 66,67% dikategorikan baik, aspek mengumpulkan informasi 100% dikategorikan baik, aspek mengasosiasikan 100% dikategorikan baik, aspek mengkomunikasikan 66,67% yang dikategorikan baik.              

Keywords:   pembelajaran, guru  IPA biologi, scientific approach

Full Text:

PDF

References

Anonim. 2013. Wawancara dengan Kemendikbud terkait Kurikulum 2013 Bagian2. http://www.kemendikbud.go.id/kemendikbud/wawancara-mendikbud-kurikulum-2013-2, diakses tanggal 21 Januari 2015.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurinasih, Imas dan Berkin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Peratutan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.