Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem

Mamat Arohman, Saefudin Saefudin, Didik Priyandoko

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan data untuk memahami alam semesta dan membuat keputusan dari perubahan yang terjadi karena aktivitas manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa MTs pada materi ekosistem. Kemampuan literasi sains siswa ini diukur menggunakan Test of scientific Literacy Skills (TOSLS) yang diadaptasi dari Gormally et al. Tes ini diberikan kepada 17 siswa di MTs Nurul Ikhsan Belawa Cirebon. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan tes TOSLS dalam kategori sedang (42,35).

Keywords:        literasis sains, ekosistem

Full Text:

PDF

References

Anggraeni, L. 2014. Mengkaji : Dampak Reklamasi Pantai di Teluk Jakarta. tersedia di (http://kompasiana.com/post/read/650460/3/ mengkaji-dampak-reklamasi-pantai-diteluk-jakarta.html). diakses tanggal (6 Mei 2016).

Brickman, Peggy., Gormally, Cara., Armstrong, Norris., Hallar, Brittan. (2009). Effects of Inquiry-based Learning on Student Literacy Skills and Confidance. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3(2).

Correia, P.R. Miranda., Valle, B. Xavier., Dazzani, Melissa., Malachias, M.E Infanta. (2010). The Importance of Scientific Literacy in fostering education for Sustainability: Theoretical considerations and preliminary findings from a Brazilian experience. Journal of Cleaner Productions. 18: 678-685.

Dahar, R. W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Gormally, Cara., Peggy Brickman., Mary Lutz. (2012). Developing a Tests of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates Evaluation of Scientific Information and Argument. CBE-Life Science Education. 11:364-377.

Krontiris, Johanna., Litowitz. (2013). Using Primary Literature to Teach Science Literacy to Introductory Biology student. Journal of Microbiology & Biology Education. 14 (1):66-77.

Novak, I. (1973). A Summary of research in science education 1972. Columbus . OH : ERIC Clearinghouse for Science and Mathematic Education.

Porter, Jason A., Wolbach C. Kevin., Puzycki, Cathrine B., Bowman, Leslie A., Agbada, Eva., Mostrom, Alison M. (2010). Integration of Information and Scientific Literacy: Promoting Literacy in Undergraduates. CBE-life Sciences Education. 9:536-542.

Sukmadinata, Nana S.2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Toharudin, Uus., Hendrawati, Sri., Rustaman, Andrian. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Treacy, Daniel J., Collins, Melissa S. Kosinski. (2011). Using the Writing and Revising of Journal Articles to Increase Science Literacy and Understanding in a Large Introductory Biology Laboratory Course.Atlas Journal of Science Education. 1(2): 29-37.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.