Analisis Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa SMA

Munawwaroh Kurniati, Sajidan Sajidan, Murni Ramli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan keterampilan memecahkan masalah (KMM) siswa kelas XI SMA. Pemetaan dilakukan dengan cara survei ex post facto terhadap seratus empat puluh empat siswa kelas XI SMA Negeri I Mojolaban. Pemilihan sample dilakukan secara purposive yaitu dengan cara memilih empat kelas MIPA dari sepuluh kelas yang ada. Seluruh siswa pada keempat kelas MIPA tersebut adalah responden survei. Instrumen yang dikembangkan ada dua jenis yaitu soal untuk mengukur KMM secara umum dan KMM biologi, keduanya dikembangkan peneliti berdasarkan indikator J.J Mourtous. Hasil pemetaan KMM siswa secara umum adalah 41,49 dengan perolehan skor tertinggi pada indikator melaksanakan solusi sebesar 61,11 dan perolehan skor terendah pada indikator mendefinisikan masalah sebesar 43,52. Hasil pemetaan KMM biologi adalah 41,46 dengan perolehan skor tertinggi pada indikator melaksanakan solusi sebesar 44,79 dan perolehan skor terendah pada indikator mendefinisikan masalah sebesar 36,46. Berdasarkan hasil pemetaan tersebut dapat disimpulkan bahwa KMM siswa masih rendah, sehingga perlu dilakukan perbaikan pembelajaran untuk melatihkan KMM

Keywords

Analisis, Keterampilan Memecahkan Masalah, Biologi, SMA

Full Text:

PDF

References

Badan Standard Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad Xxi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Business Council Of Australia And Australian Chamber Of Commenrce And Industry. (2002). Employability Skills For The Future. Canberra: Agps. Diperoleh Dari Http://Www.Dest.Gov.Au/Ty/Publications/Employability_Skills/Final_Report.Pdf. Diakses Tanggal 23 Oktober 2016, Pukul 19.15

Crebert, G,, Patrick, C. J., Cragnolini, V., Smith, C., Worsfold, K., & Webb, F. (2011). Problem Solving Skills Toolkit. 2nd Edition. Http://Www.Griffith.Edu.Au./Gihe/Resources-Support/Graduate-Attributes

Mourtos, N.J., Dejong, O.N. & Rhee, J. (2004). Open-Ended Problem Solving Skills In Thermal-Fluids Engineering. Global Journal Of Engineering Educ, 8 (2), 189-199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.