Analisis Keterampilan Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Pengenalan Laboratorium Biologi UNIROW Tuban
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abruscato, J. (2000). Teaching Children Science : A Discovery Approach. New Jersey : Person Education Company.
Agustina, P. Dkk. (2016). Analaisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS) Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).71-77
Departemen Pendidikan Nasional.(2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi untuk SMA.Jakarta:Balitbang Puskurbuk Depdiknas.
Fadlan, A. (2011). Strategi Pengembangan Science Generic Skills (SGS) Calon Guru Fisika Melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Matakuliah Praktikum. Jurnal Phenomenon. 1(1): 31-44.
Hidayati, R. 2012. Pengelolaan Laboratorium (on line). Tersedia:http://rahmychairil.blogspot.com/2012/10/pengelolan-laboratorium.html
Lee, Susan and Kyra Woods. 2013. Enhancing Learning, Generic Skills AndCamaraderie Through Student Presentations. Jurnal Internasional.Australia: Tidak diterbitkan.
Liliasari. 2011. Pengembangan Keterampilan Generik Sains Siswa untukMeningkatkan Kemampuan Berikir Kritis Siswa. [Jurnal].Bandung: Tidak Diterbitkan.
Maknun, D. dkk.2012. Keterampilan Esensial dan Kompetensi Motorik Laboratorium Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Kagiatan Praktikum Ekologi.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.1(2):141-148
Maulina, Dina. 2014. ProfilKemampuan Guru-Guru IPA SMP se-Bandar Lampung Dalam MelakukanKegiatan Praktikum. Jurnal Penelitian.Vol. 2 (8): 1-6.
Novianti, R. Nur. 2011. ISSN. Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan MotivasiBelajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. No. 1, hal 158 –166.
Peniati, E. dkk.2013. Model Analisis Evaluasi Diri untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Merancang Pengembangan Laboratorium di Sekolah.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.2(2):107-119
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rahman, T. 2006. Kemampuan Generik Biologi. [online]. Tersedia:file.upi.edu/BIOLOGI/Kemampuan_generik_biologi.pdf.
Rimatusodik, Refa. 2010. Profil Keterampilan Generik Siswa SMP DalamPraktikum Kerusakan Lingkungan Menggunakan Kotak Erosi. Bandung:FPMIPA UPI.
Rustaman, N et al. (2003). Strategi Belajar MengajarBiologi. Bandung: Jurusan Pendidikan BiologiUPI.
Rustaman N & Riyanto, A. (2003). Perencanaan dan PenilaianPraktikum di Perguruan Tinggi. Handout Program Applied Approach bagi Dosen Baru.Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,13-25 Januari 2003.
Rustaman, N. dkk.2005.Strategi Pembelajaran Biologi.Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutrisno, W. 2007. PemeliharaanFasilitas Laboratorium Fisikauntuk Diklat Teknisi Laboratorium.Bandung: Pusat Pengembangan danPemberdayaan Pendidik dan TenagaKependidikan IPA.
Zaki, K.V. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Berbasis Eksperimen.Semarang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.