Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kecerdasan Majemuk dan Permasalahan Siswa Terkait Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi

Elsje Theodora Massawet, Evie Palenewen, Ratna Sari

Abstract

Analysis of needs assesment aims to determine problems that occur in biology science learning activities of Junior High Schools in Samarinda. Goals of this analysis are to determine teacher’s understanding level related to learning tools that already exist, the appropriate application of learning models and problems of students. Sample observation in this analysis teachers of biology science subject at di SMAN 6, SMAN 8, SMAN 9, SMAN 11, SMAN 13, SMAN 16, SMAN 17, SMA Islam dan MAN 2 Samarinda. The results of observations showed 88,88% of teachers have problems in applying the learning model, all teachers said students tend not to think critically in learning. The way that can be taken to overcome the problem is to apply the learning tool oriented Multiple Intelligence, but no one of teachers understand the syntax of  learning modelMultiple Intelligence. From the observations in the form of biology teacher  problem analysis in Samarinda City, it can be concluded that the experience and ability of teachers to solve the problems in learning is needs to be improved

Keywords

Needs assesment, learning tools, Multiple Intelligence,Critical Thinking Skills of Students, Biology

Full Text:

PDF

References

Aprianingsih F, 2015, Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015,Universitas Mulawarman,Samarinda

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmara J.2017, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas Vii Melalui Pembelajaran Ipa Biologi Smp Negeri 35 Samarinda, Thesis Universitas Mulawarman,Samarinda

[Depdiknas] Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Umum Pengembangan Silabus. Jakarta : Depdiknas. [Depdiknas] Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta : Depdiknas.

Dewi.M.,2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Inteligensi Majemuk Siswa Pada Materi Sel Kelas X Sma.Universitas Negeri Semarang.Semarang

Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Juknis Pengembangan RPP SMA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiharti P. 2005. Penerapan Teori Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Penabur (5) : 29-42

Suhadi. 2007. Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta: Universitas Sahid Surakarta

Yazid, Ahmad. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW(Think- Talk- Write) Pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Elementary Education 1.1

Yoswita,2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Kuasi Eksperimen) Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 26 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 (Materi Pokok Pengelolaan Lingkungan). Tersedia (online) Diakses di http://digilib.unila.ac.id .

Zuhdan, Kun & Tim. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains. Terpadu.Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: UNY

Refbacks

  • There are currently no refbacks.