Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) yang Dipadu dengan Media Buku Komik Biologi terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Andrea Ramadhani Maharlika, Slamet Santosa, Baskoro Adi Prayitno

Abstract

This study aims to find out the model of cooperative learningtype think, talk, write (TTW) combined with comic books result of high school student learning. This research is a quasi experiment research with Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Population in this research is all student of class XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Lesson Year 2017/2018. The selected sample is class XI MIPA 1, XI MIPA 2, and XI MIPA 4 with sampling cluster sampling technique. Data analysis using ANOVA test assisted by SPSS 24 program. Further Tukey and Least Significance Different (LSD) test to determine the effect of the best treatment. The results showed that cooperative learning model of type think, talk, write (TTW) combined with comic book media result of high school student learning.

Keywords

Comic Book Biology, Cooperative Learning Model Type Think Talk Write (TTW), Student Learning Outcome

Full Text:

PDF

References

Abidah, S. K. (2014). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 Man 7 Jombang. Pendidikan Ekonomi

Ana, Y., Hardigaluh, B., dan Yokhebed. (2016). Penerapan Strategi Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi.

Arjanggi, R., dan Suprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar berdasar Regulasi-Diri. Jurnal Makara, Sosial Humaniora, 14(2), 91–97.

Chandra, S.R., Fauzan, A., dan Helma. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think, Talk, Write dan Gender terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 (1), 35-40

Fatmawati, D. N., Santosa, S., dan Ariyanto, J. (2013). The Implementation of Think Talk Write Learning Strategy to Improve Student’s Learn Activities in Biology Learning Class X-1 SMA Al Islam 1 Surakarta of 2009/2010 Academic Year. Bio-Pedagogi, 2(1), 1–15.

Handayani, T., dan Prayitno, B. A. (2016). Pengembangan Modul Experiential Learning yang diarahkan untuk Strategi Think Talk Write pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Inkuiri FKIP UNS, Vol5(1), 1-8

Jatmiko, A., Maridi, dan Ariyanto, J. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ ( Cooperative Integrated Reading And Composition ) Disertai Media Komik Biologi Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas Vii-A Smp. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 15–25.

Lubis, H. Z., dan Hasanah, R. (2012). Penggunaan Media Komik Melalui Metode Learning Starts With. The Progressive And Fun Education Seminar, 589–593.

Mashfufah, A., Susantini, E., dan Kentjananingsih, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berorientasi Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pena Sains, 1(1), 17–28.

Mistyardi, T. dan Mumun, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Inovatif Model TTW (Think, Talk, Write) pada Pokok Bahasan Protista terhadap Hasil Belajar siswa Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 6 Kediri Tahun Pelajaran 2011-2012.Prosiding Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS

Muliyana, R. (2016). The Effect Of Learning Strategy Of Reciprocal Learning And Think Talk Write Face On Learning Outcomes And Student’s Retention Of Biology Subject In Class VIII At Junior High School Students In SMP Negeri 1 Sambi In Academic Year 2015/2016. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 52–65.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., and Foy, P. (2007). Trend in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Lynch School of Education : Boston College

Novianti, R, D. (2010). Pengembangan media komik pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman bentuk soal cerita BAB Pecahan pada siswa kelas V SDN Ngembung. Jurnal FKIP UNESA

Pasir, M. A. N., Tahun, P., Nasution, H., Lestari, R., & Lubis, R. R. (2015). Pengaruh Strategi Think Talk Write ( TTW ) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Mia, 1–3.

Patmawati, Rahman, A., dan Asdar. (2017). The Effectiveness Of The Implementation Of Ttw Strategy In Mathematics Learning Based On The Students’ Learning Styles . Jurnal Program Studi Komputerisasi Akuntansi hal 79-91

PISA. (2003). Programme for International Student Assessment.

Purwanti, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 2(2), 161–172.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., & Subali, B. (2011). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, 413–420.

Runiaswati, H. (2013). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Inquiring Mind Want To Know dengan Media Chart dalam Pembelajaran Biologi Kelas Vii SMP Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Selvia, D., Ganda, R., Panjaitan, P., & Marlina, R. (2014). Pengaruh Kombinasi Model PAP dan TTW terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Skripsi, 1–14

Simanjuntak, M. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write ( TTW ) dan Software Autograph dalam Mempersiapkan Pendidik Matematika menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ( Mea ). Jdp, 9(2), 71–80.

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugandi, A, I. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think, Talk, Write terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika

Sundari, R., Rahmah, S., & Saragih, D. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think Talk Write. Mathematics Paedagogic, Vii(2), 169–174.

Sundari, R., Rahmah, S., & Saragih, D. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think Talk Write. Mathematics Paedagogic, Vii(2), 169–174.

Sundari, R., Rahmah, S., & Saragih, D. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think Talk Write. Mathematics Paedagogic, Vii(2), 169–174.

Tryanasari. (2012). Menumbuhkan Karakter Baik (Good Character) melalui Menulis Kreatif. Jurnal Online Publikasi Ilmiah UMS.

Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 343–355.

Wulandari, P. W., & Amin, M. (2017). Pengembangan Modul Evolusi dengan Pendekatan Saintifik menggunakan Model Think, Talk, Write (TTW) di SMA. Jurnal Pendidikan, 2, 32–41.

Yamin, M., dan Ansari, B. (2012). Teknik Pengembangan Individual Siswa. Ciputat: Referensi

Yanuarta, L. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Thik, Talk, Write dengan Teknik Talking Stick dalam Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar IPA-Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3(1):69-78

Yanuarta, L., & Waluyo, J. (2017). Peningkatan Karakter dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write dipadu Talking Stick. Jurnal Pendidikan, 2, 192–198.

Yanuarta, L., Gofur, A., & Indriwati, S. E. (2017). Kognitif Siswa dengan Pembelajaran Think Talk Write dipadu Problem Based Learning, 192–198.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.